Tantangan Berat Tunisia di Piala Dunia 2018 | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tantangan Berat Tunisia di Piala Dunia 2018
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Tunisia memang bukanlah tim yang memiliki prestasi mencolok di Piala Dunia. Selama mengikuti Piala Dunia, ia baru 4 kali lolos, dan di Piala Dunia 2018 Rusia adalah untuk yang kelima kalinya dalam sejarah tim berjuluk Elang Kartago itu.

Tunisia vs Algeria 2013 AFCON/FOTO: Flickr upload bot/wikipedia

Terakhir kali Tunisia ikut ajang Piala Dunia yakni pada edisi 2006 di Jerman, kemudian Tunis kembali absen pada Piala Dunia 2010 dan 2014. Tidak dipungkiri jika Tunisia disebut sebagai tim numpang lewat karena selama mengukuti gelaran sepak bola terbesar empat tahunan ini hanya mampu fase grup saja.

Dengan kata lain, Tunisia belum mampu menuju babak yang lebih jauh seperti 16 besar, dan misi untuk mendapatkan hasil terbaik sepanjang sejarah tim ini pun akan coba diwujudkan di Piala Dunia 2018 nanti.

Kendati seperti itu, dalam rangking FIFA terbaru periode April 2018, Tunisia berada di posisi ke-14 dunia atau naik sembilan tingkat dari edisi sebelumnya. Ini adalah posisi tertinggi yang pernah diraih oleh negara asal Afrika Utara itu sepanjang sejarah.

Tunisia football team 2010/FOTO: Flickr upload bot/wikipedia

Dengan nilai itu, Tunisia unggul dari negara Afrika lainnya seperti Senegal (28), Republik Demokratik Kongo (38), Maroko (42), Mesir (46) dan Nigeria (47). Di dalam gelaran Piala Dunia 2018 sendiri, Tunisa menjadi salah satu wakil benua Hitam di Rusia pada musim panas mendatang. Bersama dengan negara lain seperti Nigeria, Mesir, Senegal dan Maroko.

Sayangnya, untuk mengubah pandangan sebagai "tim numpang lewat" akan sedikit berat. Karena, Tunisia harus menerima kenyataan tergabung di grup G bersama Inggris, Belgia dan Panama. 

Inggris dan Belgia adalah dua tim raksasa yang akan memperberat langkah Tunisia ke 16 besar. Bisa jadi tim ini akan kembali mengalami kegagalan seperti tahun-tahun sebelumnya yang hanya selesai dibabak grup.

Memang segala sesuatu bisa terjadi di Piala Dunia, namun melihat tim yang ada di grup G, peluang Tunisia mungkin merupakan yang paling kecil jika dibandingkan tim lain, bahkan jika dibandingkan dengan tim debutan Panama. Tetapi jika ingin mengubah sejarah dan pandangan negatif, lolosnya Tunisia di Piala Dunia 2018 adalah langkah yang tepat untuk mengawalinya. ** (SS)

SHARE