Pelestarian Penyu & Pesona Eksotis Ujung Genteng - Male Indonesia
Pelestarian Penyu & Pesona Eksotis Ujung Genteng
MALE ID | Relax

Kawasan Ujung Genteng di Sukabumi, Jawa Barat cukup sering dikunjungi wisatawan. Sebabnya tidak lain adalah hamparan pemandangan laut lepas nan indah, apalagi saat menyaksikan sunset di sana.

Dimas Ario/flickr

Tapi selain itu, di Ujung Genteng, Anda masih bisa melihat pelestarian salah satu hewan yang terancam punah, yakni penyu. Sebagaimana diketahui, populasi penyu di dunia cukup mengkhawatirkan. Banyak dari mereka mati karena rusaknya habitat.

Guna mengetahui upaya penyelamatan penyu, Anda dapat berkunjung ke Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng. Penangkaran ini membantu menetaskan telur-telur dan anak penyu yang baru lahir sebelum dilepaskan kembali ke laut.

Bertelur Hampir Setiap Malam

Raffiakbar29/wikipedia

Pantai di Ujung Genteng menjadi tempat penyu yang datang dari laut untuk bertelur. Kalau Anda penasaran ingin melihat langsung prosesnya, datanglah pada malam hari.

Para petugas dari penangkaran berjaga di kawasan pantai mulai pukul tujuh malam hingga menjelang pagi. Terlebih lagi saat musim bertelur, sekitar bulan Juli-September.

Proses penyu bertelur memakan waktu sekitar satu sampai dua jam. Penyu akan naik ke pantai, menggali lubang, bertelur dan menutup lubangnya. Setelah itu, sang induk akan kembali ke laut menggunakan rute berbeda dengan rute kedatangan agar lokasi telurnya tak ditemukan hewan predator.

Tapi ingat, Anda dilarang mengeluarkan bunyi dan menyalakan lampu atau sinar apapun. Soalnya, penyu sangat sensitif terhadap suara dan cahaya. Jika berisik, penyu merasa tidak aman dan terganggu. Proses bertelur tidak akan terlaksana.

Melepas Tukik ke Laut

Raffiakbar29/wikipedia

Anda juga dibolehkan membantu melepas tukik (anak penyu) ke laut. Setelah menetas dari telurnya, tukik memiliki insting langsung menuju laut lepas. Di Ujung Genteng, Anda bisa memperoleh informasi dari petugas penangkaran terkait waktu pelepasan tukik.

Biasanya tukik akan dilepaskan ke laut sehari usai menetas. Tiap pengunjung yang datang akan diberikan satu ekor tukik dari penangkaran dan langsung menuju pinggir pantai.

Langkah kecil tukik yang unik membuat suasana jadi menyenangkan. Belum lagi ketika ombak menyapu hewan ini. Tuntunlah kembali supaya tukik dapat ke laut dengan selamat.

Wisata Edukasi dan Alam
Berkunjung ke Penangkaran Penyu Pangumbahan Ujung Genteng merupakan wisata edukasi sekaligus alam. Ajak saja teman atau pasangan terkasih buat belajar mengenai penyu lebih dalam. Momen kencan yang berharga kan?

Bahkan, Anda dan si dia akan dimanjakan oleh pantai pasir putih lembut yang memesona. Jangan lewatkan keindahan sunset dari pantai Ujung Genteng. Khususnya bagi yang hobi berfoto ria. [GP]

SHARE