Tidak Laku, Jaguar Berikan Napas Baru Seri XK | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tidak Laku, Jaguar Berikan Napas Baru Seri XK
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Pabrikan Jaguar dikabarkan berniat menghidupkan kembali seri XK, setelah disuntik mati pada tahun 2014 lalu. Kala itu, produksi Jaguar XK dihentikan karena penjualannya kurang laris di pasaran.

Public Domain Pictures

Seperti dilansir dari The Torque Report, pabrikan Jaguar akan merilis XK “Next Generation” dengan sedikit perubahan. Seperti model coupe empat pintu yang menggunakan platform menyerupai F-type generasi mendatang.

Kendati disiapkan menjadi bagian dari keluarga baru mobil sport pabrikan Jaguar, seri XK terbaru belum akan diluncurkan hingga akhir tahun 2018. Hanno Kirner, kepala strategi produk di Jaguar Land Rover, beberapa waktu lalu mengungkapkan mengenai kabar coupe empat pintu tersebut.

“F-type boleh dibilang sukses besar. Kami menyukai mobil sport dan telah mengeluarkan berbagai varian. Dan terkait hal itu, faktor model dan body mobil sangatlah penting bagi kami,” kata Kirner.

Sedangkan Ian Callum selaku kepala desain Jaguar juga berbagi keinginannya demi membawa kembali seri XK. Pada tahun 2017, ia bahkan mengisyaratkan bahwa perusahaan tengah merencanakan pengerjaan XK baru.

“Saya ingin dua tempat duduk untuk F-type dan 2 + 2. Kami sedang mengerjakan mobil ini. Meski demikian, sampai sekarang belum ada persetujuan dari pihak manajemen,” tutur Callum.

pxhere

Seri XK terbaru disinyalir menggunakan mesin 2.000 cc, 4-cylinder, bahan bakar bensin di kelas entry level, selain mesin inline 6-cylinder Jaguar yang akan datang, dimana tersedia dalam berbagai pilihan tenaga dan menggantikan mesin V-6 milik Ford. Di samping itu, versi ‘R’ dan ‘SVR’ dari XK juga termasuk dalam rencana pengembangan.

Pihak pabrikan Jaguar tidak menyangkal kemungkinan kemitraan masa depan ketika sampai pada proses pengembangan kendaraan masa mendatang. Namun jika XK dihidupkan kembali, maka akan dilakukan secara internal, bersamaan dengan F-type selanjutnya.

“Saya memiliki beberapa gagasan mengenai kemitraan, tapi hal itu tidak terjadi. Saya pikir, kita akan melakukannya sendiri dengan F-type. F-type tak pernah dimaksudkan untuk membunuh XK. Selalu ada rencana agar kami bisa menawarkan kedua mobil tersebut secara berdampingan,” ujar Callum.

Perihal debut perdana dan peluncurannya, pihak perusahaan belum memberikan informasi lebih lanjut. Namun banyak pihak beranggapan, debut awal dari XK terbaru akan dimulai pada tahun 2019. [GP]

SHARE