Menilik Perbedaan Kopi Arabica dan Robusta | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Menilik Perbedaan Kopi Arabica dan Robusta
Sopan Sopian | Story

Menikmati kopi sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Kini penikmatnya semakin bertambah. Baik itu untuk ritual pagi atau untuk sekadar menemani nongkrong dan saling berbagi cerita di kafe-kafe. Meski begitu, masih banyak yang belum bisa membedakan mana kopi arabica dan mana kopi robusta. 

perbedaan kopi - male Indonesiapixabay.com

Perbedaan kopi arabica dan robusta bukan hanya pada citarasanya saja, Tetapi lebih luas. Karena rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenis atau varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. 

Jenis kopi memang memang banyak, namun kopi arabica dan Robusta adalah varietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop atau kedai kopi. Lalu apa perbedaan kopi dari keduanya?

Kopi Arabica
Kopi jenis ini tumbuh pada daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl. Suhu yang dimiliki adalah 16-20 °C. kopi ini berasal dari negara Etiopia dan juga Brasil. Kedua negara tersebut menguasai 70% pasar kopi secara global pastinya. Ciri-ciri kopi Arabica adalah aroma yang wangi, hidup pada daerah yang dingin dan sejuk.

Dari segi rasa, kopi arabica memiliki banyak variasi rasa yang beragam. Rasa dari kopi arabica itu lembut, manis, tajam, dan juga kuat. Anda dapat mengetahui bahwa sebelum disangrai, aroma dari kopi ini amat mirip dengan blueberry. Setelah disangrai, kopi tersebut akan memiliki aroma buah-buahan manis. Secara umum, orang cenderung menyukai aroma kopi arabica ini.

Kopi Robusta
Kopi robusta, ini merupakan keturunan dari beberapa jenis spesies kopi. Mengenai kualitas dari buah kopi, faktanya ini lebih rendah dibandingkan dengan kopi Arabika dan juga Liberika. Kopi jenis ini menguasai sekitar 30% pasar dunia. Mengenai asal dari kopi tersebut, ini banyak terdapat di Kolumbia, Indonesia, dan juga Filipina.

Tekstur dari kopi ini cenderung kasar dan memiliki warna yang bervariasi. Mungkin Anda perlu juga mengetahui ciri-ciri dari pohon Robusta. Pohon Robusta lebih rentan diserang serangga. Ini bahkan tumbuh pada daratan rendah yaitu sekitar 700 m dpl. Jumlah biji kopi yang dihasilkan juga lebih tinggi. 

Untuk segi rasa dari kopi Robusta, cenderung memiliki variasi rasa yang netral. Terkadang ini juga memiliki rasa atau aroma seperti gandum. Sebelum disangrai, biji kopi ini memiliki aroma kacang-kacangan. Sayangnya, amat jarang untuk menemukan robusta berkualitas tinggi dipasaran. ** (SS)

SHARE