Peraturan Unik yang Ada di Segala Cabang Olahraga | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Peraturan Unik yang Ada di Segala Cabang Olahraga
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Peraturan unik datang dari mereka yang memang kurang familiar saat mendengarnya. Begitu juga yang ada di olahraga. Di dalam dunia olahraga, peraturan menjadi begitu penting untuk ditaati. Hal ini erat kaitannya dengan semangat sportivitas yang dijunjungi tinggi.

Peraturan unik ini tidak hanya ada dalam satu cabang olahraga saja. Tetapi justru banyak dari olahraga yang ada memuliki peraturan unik itu. Kendati seperti itu bagi para atlet mungkin biasa, tapi tidak bagi Anda yang baru saja mendengarnya. Apa saja itu?

Olahraga Atletik

FOTO: pxhere.com

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Dalam sejarahnya, Atletik adalah event asli dari Olimpiade pertama pada tahun 776 sebelum Masehi di mana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade.

Peraturan unik dalam olahraga atletik ini justru sebanarnya simpel, namun jika dilakukan oleh atletnya, sang atlet akan kena diskualifikasi. Peraturan itu adalah melepas kaus.

Olahraga Tenis

FOTO: Chlewey/wikipedia

Tenis adalah olahraga yang biasanya dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan masing-masing dua pemain. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tujuan permainan adalah memainkan bola dengan cara tertentu sehingga pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Asal mula pertama tenis masih merupakan perdebatan. Beberapa pendapat meyakini bahwa Mesir, Yunani, dan Romawi adalah negara yang pertama kali memainkan olahraga ini. Sebagian besar sejarawan meyakini asal mula tenis adalah permainan kuno yang dimainkan di bagian utara Perancis pada abad ke-12. 

Peraturan unik di cabang olahraga ini adalah Anda harus konsisten. Kekonsistenan ini bukan soal tekniknya, tetapi soal ketika atlet mengenakan topi saat atau sebelum bertanding, topi itu tidak boleh dilepas meski pertandingan telah usai. 

Olahraga Gimnastik / Senam

FOTO: pxhere.com

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, dan sebagainya.

Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dan lain-lain. Namun dalam pada kompetisi senama USAG, pakaian dalam yang digunakan harus selaras dengan ksotum senam. Atau justru nggak mengenakan sama sekali. Kalo berbeda warna bakalan kena pengurangan poin.

Olahraga Voli Pantai

Peraturan unik - male IndonesiaSteve Corey/Flickr.com

Voli pantai adalah variasi dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan. Voli pantai populer sebagai aktivitas rekreasi di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas, namun sering juga dimainkan di lapangan pasir yang bukan di pantai. 

Olahraga ini populer di beberapa negara yang tidak berbatasan dengan laut, seperti Swiss. Olahraga ini termasuk olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Peraturan unik dalam cabang olagraga ini, setiap tim harus mengenakan seragam dengan warna yang berbeda. Kalo sama, maka akan dilakukan pengundian buat memilih mana tim yang harus ganti kostum.

Olahraga Golf

FOTO: Delta News Hub/flickr

Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin. Golf berasal dari Skotlandia/Belanda dan telah dimainkan selama lebih kurang 500 tahun di kepulauan Britania Raya.

Golf adalah salah satu dari permainan yang tidak memiliki lapangan permainan yang standar, melainkan dimainkan di padang golf yang masing-masing memiliki desain unik, dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang). Kenunikannya tidak hanya pada lapangab, peraturannya juga terbilang unik. Di mana para atlet yang mengikutinya diwajibkan mengisi kartu skor, jika tidak akan didiskualifikasi. ** (SS)

SHARE