Vodka, Kemewahan Ikonik Bercita Rasa Unik - Male Indonesia
Vodka, Kemewahan Ikonik Bercita Rasa Unik
MALE ID | Story

Minuman vodka adalah salah satu cocktail yang paling populer dalam dunia mixology, Minuman tersebut secara tradisional adalah campuran dari gin dan vermouth, lalu dihias dengan buah zaitun. Tapi belakangan gin sering diganti dengan vodka, bahkan martini juga suka disebut "vodka martini".

Minuman Vodka pixabay.com

Vodka adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi gandum, ada juga vodka yang terbuat dari fermentasi buah-buahan dan gula.

Berbicara soal minuman beralkohol, minuman vodka agaknya tidak kalah popularitasnya dengan wine. Minuman beralkohol itu pada dasarnya terbagi menjadi tiga besar: bir, wine, dan spirit. Yang disebut terakhir ini minuman beralkohol yang diperoleh dengan proses penyulingan setelah melalui proses fermentasi tentu saja. Di antara jenis minuman yang lain, kadar alkohol pada spirit tergolong paling tinggi (sekitar 40%), sebutlah whiskey, vodka, gin, rum, tequila, bitter, cognac atau brandy, dan lain-lain.

Vodka berasal dari bahasa Rusia yang artinya adalah air. Vodka datang dari bagian budaya negara Rusia yang berupa minuman beralkohol dengan kadar etanol sangat tinggi sebesar 35% sampai 60% dengan ciri bening, tidak berwarna. Polandia mengklaim bahwa vodka pertama kali diproduksi pada tahun 1405 dan waktu itu dikonsumsi oleh penduduk Eropa Timur sebagai cara untuk memerangi udara dingin.

Saat ini mungkin tdiak relevan lagi menyebut negara tempat vodka diproduksi, karena sudah menjadi minuman massal yang mendunia dan diproduksi secara global. Mereknya pun sangat banyak, sebutlah Absolut Vodka, Finlandia, Vodka RUS, Reyka, Ciroc, Fris, Belvedere, Effen, Pearl, Ultimat, Akvinta, Grey Goose, Iceberg, Sobieski, Svedk, 42 Below, Jewel of Russia, White Diamond, Ketel One, Orzel, U'Luvka, Luksusowa, Stolichnaya, Vox, dan seterusnya.

Minuman Vodka trenttsd via VisualHunt.com

Meski tidak berwarna, rasa masing-masing jenis atau merek tidak sama ada yang plain tapi ada yang fruty. Ada yang lembut, ada yang langsung "nendang". Di sinilah preferensi masing-masing personal berbeda, mereka memilih minuman vodka dengan cita rasa yang sesuai dengan selera.

Jika yang dicari hanya sensasi pusingnya, minum spirit dengan cara apa pun dan gaya apa pun, memang sah-sah saja. Tapi untuk menikmati secara benar, ternyata ada seninya.

Minuman ini bahkan sangat terkait erat dengan gaya hidup. Vodka sudah pasti fungsinya bukan sekadar untuk pelepas dahaga, tapi ada seni dan tradisi yang meracik sebagai campuran cocktail, maupun menyajikannya. Seperti ungkapan ciri khas James Bond dalam setiap filmnya, "Shaken, not stirred". Sehingga, minuman vodka bukan sekadar rasanya yang unik, namun juga proses dan tampilan yang menarik.

Mengingat vodka merupakan merek minuman berakohol tinggi, maka dalam setiap kegiatan yang melibatkan minuman ini, selalu mendengungkan tiga pesan tanggung jawab sosial, yaitu ‘Don’t Cross the Line, Serve Responsibly’, ‘Don’t Waste Your Talent, Serve Responsibly’ dan ‘Your Role is Clear, Serve Responsibly’.**(DD/BA)

SHARE