Jangan Lupa! Etika Saat Berada di Bandara - Male Indonesia
Jangan Lupa! Etika Saat Berada di Bandara
MALE ID | Relax

Etika di bandara harus benar-benar Anda perhatikan jika tidak ingin diusir pihak keamanan setempat. Karena bandara dengan terminal atau stasiun memiliki perbedaan masing-masing. Ditambah lagi kini siapapun bisa naik pesawat karena harga yang mulai dibandrol gila-gilaan oleh pihak maskapai.

male indonesia etika di bandara
Photo by Tommaso Pecchioli on Unsplash

Dengan harga yang mulai terjangkau itu, artinya siapapun kini bisa berlibur ke mana saja dan oleh siapa saja. Namun bagi yang pertama kali naik pesawat tentu, etika di bandara masih awam. Sehingga perlunya edukasi dan banyak-banyak bertanya. Lalu etika di bandara seperti apa yang perlu diperhatikan sebelum naik pesawat untuk liburan?

1. Jangan Kaget saat Ada Pemeriksaan
Mungkin di terminal akan sedikit ada kelonggaran untuk pemeriksaan barang. Begitu juga di stasiun kereta. Tetapi jika di bandara. Semua barang yang akan dibawa akan diperiksa atau digeledah. Sehingga bagi Anda yang baru pertama kali ke bandara dan ingin naik pesawat, jangan kaget jika ada pemeriksaan barang.

Tujuan penggeledahan ini adalah untuk keamanan dan kenyamanan para penumpangnya. Ada baiknya menuruti apa aturan yang diberikan oleh petugas, persiapkan diri waktu proses pemeriksaan, agar tidak menyebabkan antrian panjang. Banyak orang yang naik pesawat, namun kurang mengerti peraturan, sehingga pas mereka digeledah dan disuruh meninggalkan barangnya, mereka malah marah–marah padahal hal ini untuk kepentingan bersama.

2. Memesan Kursi
Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah saat memilih tempat duduk. Sebenarnya Anda dapat memilih tempat duduk di mana saja yang Anda inginkan, hal ini disesuaikan dengan harga tiket serta kelas yang Anda beli. Jika Anda membeli tiket kelas bisnis, tentu Anda bisa memintanya dari pusat pelayanan maskapai atau di loket pembelian.

Namun, jika Anda membeli tiket lewat jalur promo atau kelas ekonomi, Anda harus melakukan pemesanan khusus seperti minta petugas check-in dalam mempersiapkan nomor tempat duduk yang Anda inginkan.

3. Ketika Anda Check-in
Check-in adalah istilah lain lapor berangkat, Anda yang sudah memiliki tiket nantinya di data kembali dan ditimbang berat bagasinya. Saat check-in ini, Anda harus menyiapkan kartu identitas saat berada di antrian. Jangan sampai pas Anda sudah sampai di meja check-in, Anda malah baru menyiapkan kartu identias. 

Cara seperti itu akan memperlama proses. Bisakah check-in diwakili orang lain? Tentu bisa, tapi syaratnya nama calon penumpang harus sesuai dengan nama di kartu identitas. Layanan ini dibuka 2 jam sebelum pesawat berangkat.

4. Matikan Rokok
Tentu Anda sudah mengetahui bila semua penerbangan yang berada di luar atau dalam negeri merupakan penerbangan yang bebas dari asap rokok? Oleh karena itu, lebih baik Anda mematikan rokok saat memasuki area bkamura. 

Walaupun untuk sekarang ini ada beberapa bkamura yang telah menyediakan ruang khusus untuk setiap perokok. Namun, sangat tidak etis apabila Anda terus menyebarkan asap beracun pada area publik bahkan di ruangan yang tertutup sekalipun.

5. Tepat Waktu
Etika di bandara yang terakhir adalah tepat waktu. Nampaknya sudah menjadi rahasia umum jika orang Indonesia tidak pernah tepat waktu, meski tidak semuanya. Tepat waktu ini penting. Karena pesawat tidak bisa menunggu. Sehiangga agar Anda tidak ketinggalan pesawat maka usahakan untuk datang selalu tepat waktu sampai di ruang tunggu. Usahakan selalu pantau jadwal, terlebih jika ada delay penerbangan.

6. Jangan Bercanda Hal yang Berbahaya 
Mengatakan hal yang tidak nyaman atas nama bercanda, bisa mengganggu penerbangan Anda hingga orang lain. Seperti mengatakan kata "Bom" atau bahan peledak menjadi salah satu contoh untuk menjaga perkataan Anda. Sebelum dan setelah penerbangan.

 

** (SS)

SHARE