Mudahnya Bergaya Ala Eropa di Iklim Tropis - Male Indonesia
Mudahnya Bergaya Ala Eropa di Iklim Tropis
Gading Perkasa | Looks

Berpenampilan atau bergaya ala Eropa umumnya diterapkan di kota seperti Paris, London, Milan atau Madrid. Ya, memang di sana, pusat perkantoran, bisnis, hiburan dan sudut kota tampak bagaikan etalase hidup.

Male Indonesia gaya ala eropa Slider
Photo by Elijah M. Henderson on Unsplash

Karena ditahbiskan sebagai kiblat fashion dunia, tidak mengherankan kalau cara bergaya ala Eropa menjadi panduan sebagian orang - baik pria maupun wanita - di belahan dunia lain, terutama Indonesia.

Sayang seribu sayang, orang-orang tidak sadar meniru cara berpakaian tersebut tanpa menyesuaikan dengan iklim tropis di sini. Padahal, model dan bahan pakaiannya perlu dipertimbangkan, apakah nyaman dipakai atau tidak.

Terus gimana sih cara bergaya ala Eropa yang benar? Coba MALEnials ikuti langkah berikut:

Hindari Bahan Wol Terlalu Tebal
Bahan wol sangat populer di Eropa hampir sepanjang tahun, kecuali di musim panas. Sebagai saran, Anda tetap dapat memilih potongan atau model yang sedang menjadi tren di sana, namun pilihlah bahan wol tipis. Misalnya jaket atau blazer berbahan katun tanpa lapisan penghangat.

Selain lebih ringan daripada wol, katun dan linen lebih mudah dicuci, baik menggunakan tangan ataupun mesin. Perhatikan label perawatan pakaian dan pahami pula cara kerja mencucinya.

Memilih Warna Cerah
Memang betul hitam adalah warna resmi busana Eropa, mulai dari pakaian formal sampai jaket kasual. Meski demikian, warna ini tidak selamanya cocok di Indonesia, apalagi di luar ruangan.

Dalam pemilihan warna, cobalah warna cerah klasik semisal krim atau gading untuk jaket, trench coat dan peacoat. Bila Anda berani tampil menonjol, terapkan warna pastel. Hitam bisa Anda pakai ketika musim dingin alias hujan.

Jumper dan Cardigan sebagai Pelengkap
Jumper adalah sebutan umum sweater di Inggris. Jenis pakaian ini biasanya berupa rajutan berbentuk kaus lengan panjang.

Pilih jumper atau cardigan polos berbahan katun. Sebab, bagi masyarakat Indonesia, tujuan utamanya hanya sebagai pelengkap, bukan penghangat.

Tetap kenakan kemeja yang layak, sehingga saat jumper atau cardigan dilepas, paduannya bersama celana tetap serasi. V-neck jumper lebih baik merangkap kemeja berdasi, asalkan tidak jatuh terlalu rendah di bagian dada demi mempertahankan kesan formal.

Ukuran Seperlunya
Khusus untuk trench coat, ukuran panjang lazim dipakai di Eropa karena fungsinya sebagai overcoat yang melapisi jas. Panjangnya bisa sampai pertengahan antara lutut dan mata kaki. Di Indonesia, tentu saja ukuran ini tidak diperlukan.

Pilih ukuran yang lebih pendek, misalnya sepanjang pertengahan paha. Pertimbangkan juga tinggi badan Anda, sebab trench coat terlalu panjang justru akan membuat Anda ‘tenggelam’. [GP]

SHARE