Satu-Satunya Mobil Antik Pabrikan Vespa di Dunia - Male Indonesia
Satu-Satunya Mobil Antik Pabrikan Vespa di Dunia
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Pabrikan Vespa selalu identik dengan skuter klasik roda dua dan bodi belakang semok. Tapi tahukah Anda, bahwa mereka juga pernah melahirkan kendaraan beroda empat alias mobil?

Marco Cantarutti/wikipedia

Ya, mobil pabrikan Vespa berjenis microcar (di Indonesia kerap disebut city car) ini bernama Vespa 400. Bentuknya mengingatkan kita pada mobil Mr. Bean (diperankan oleh Rowan Atkinson), diciptakan di tahun 1957 dan dirilis perdana di Monaco.

Piaggio, sebagai produsen Vespa tidaklah sendirian dalam membangun ide microcar tersebut. Mereka menggandeng Ateliers de Construction de Motorcycles et d’Automobiles (ACMA), Prancis.

Sementara paten desain dan rangka tetap menjadi urusan Piaggio. Vespa 400 dibuat dalam dua versi, yakni Lusso dan Turismo.

Layaknya microcar lawas, Vespa 400 mengusung desain sederhana, seksi, imut dan berciri khas pabrikan Vespa. Namun pintunya agak berbeda dari pintu mobil pada umumnya, bermodel suicide door.

Sementara atap mobil bisa dibuka (konsep cabriolet), kendati besar kemungkinan model buka-tutup atapnya masih dilakukan secara manual, belum otomatis.

Karena mesin berada di bagian belakang, kabin di depan dapat dimanfaatkan sebagai tempat duduk atau meletakkan barang. Singkatnya, Vespa 400 mampu memuat dua orang dewasa dan dua anak kecil. Cukup ideal untuk sebuah microcar di era 50-an.

Menilik sektor powertrain, Vespa 400 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 393 cc (bore x stroke 63 x 63 mm), twin-cylinder, 2-stroke, berpendingin udara. Rasio kompresi 6.4:1 (kemudian di-upgrade menjadi 6.6:1). Transmisi manual, 4-speed (khusus pasar Amerika hanya 3-speed).

Tunggu dulu. Tidakkah Anda merasa ada yang janggal dari penjabaran di atas? Bila diperhatikan jelas, mobil ini bermesin 2-tak. Unik bukan? Sebagai catatan, Vespa 400 merupakan satu dari beberapa mobil di dunia yang dibekali mesin demikian.

Performanya di jalan raya juga mumpuni MALEnials. Tenaga yang dihasilkan yaitu 18 HP. Kecepatan maksimal sekitar 80-90 km/jam, ditempuh dalam waktu 25 detik. Tergantung dari kondisi jalan.

Sepanjang tahun pertama diluncurkan, penggemar Vespa menyambut antusias varian baru Vespa 400, penjualannya sempat tembus di angka 12 ribu unit. Sayang dua tahun kemudian pamornya merosot. Usai memproduksi sekitar 34 ribu unit, di tahun ke empat (sekitar tahun 1960-an), Vespa resmi menghentikan produksi Vespa 400.

Ada dua kelemahan dari mobil ini menurut para konsumen. Pertama, jendelanya tidak bisa dibuka. Dan terakhir, konsumsi bahan bakar terlalu boros. Bayangkan saja, untuk menempuh jarak 100 kilometer, Vespa 400 menghabiskan sekitar lima liter bensin (karena pembakarannya dua langkah).

Sekarang, Vespa 400 menjadi kenangan indah akan satu-satunya kendaraan roda empat yang pernah diciptakan pabrikan Vespa. Kelangkaan unit membuatnya diburu kolektor mobil lawas. Apa Anda juga berniat mengoleksinya? [GP]

SHARE