Senjata Rahasia Denmark di Piala Dunia 2018 - Male Indonesia
Senjata Rahasia Denmark di Piala Dunia 2018
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Tim Nasional Denmark kembali bisa menghangatkan lapangan hijau dalam gelaran Piala Dunia. Denmark menjadi salah satu negara  dari kawasan Skandinavia yang lolos ke Piala Dunia 2018 selain Islandia dan Swedia. Selain itu, lolosnya Denmark dengan kata lain menjadi ajang kelimanya bagi Tim Dinamit setelah gagal pada pada Piala Dunia 2014 lalu.

Timnas Denmark saat melawan Islandia (2011)/FOTO: Helgi Halldórsson/flickr

Langkah perjalanan Denmark untuk bisa kembali meramaikan Piala Dunia 2018 terbilang cukup berat. Mereka memastikan lolos ke Rusia setelah menang agregat 5-1 saat babak playoff melawan Republik Irlandia. Denmark berada di Grup C bersama Prancis, Australia, dan Peru. Meski berada di grup yang terbilang memiliki kekuatan imbang, Denmark juga menjadi favorit yang diandalkan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Kendati demikian, Denmark memang bukan tim langganan Piala Dunia. Kali pertama Tim Dinamit ikut putaran final Piala Dunia adalah pada 1986 dan kemudian berlanjut pada 1998, 2002, serta 2010. Prestasi terbaik Denmark adalah mencapai perempat final Piala Dunia 1998, sedangkan yang terburuk dibukukan pada 2010 ketika gagal lulus dari fase grup.

Untuk bisa melenggang mulus, Age Hareide pun mempersiapkan tim yang kuat dengan karakter yang ber­beda-beda seperti Thomas Delaney dan William Kvist di lini tengah. Begitu juga sang kapten Simon Kjaer yang saat ini memperkuat Sevilla menjadi pemain yang kuat di sektor pertahanan Denmark. Dia pun memuji kekuatan pemain yang dimilikinya. Lalu siapa yang menjadi "meriam" bagi Denmark untuk Piala Dunia 2018 di Rusia ini?

"Meriam" Lapangan Hijau Bagi Denmark
Pelatih Denmark, Age Hareide memiliki motiviasi dan target untuk dapat meloloskan Denmark ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 nanti. Untuk bisa mencapai target, tentu kekuatan tim sangat diandalkan. Selain itu, Age juga harus mempersiapkan "meriam" untuk melesatkan bola ke gawang lawan dengan tepat.

Christian Eriksen/FOTO: MaFernand/wikipedia

Menjawab hal tersebut, Age Hareide mempercayakan pada Christian Eriksen. Tidak salah jika Eriksen menjadi meriam bagi timnas Denmark, karena ia jugalah yang menjadi salah satu juru kunci berhasilnya Denmark kembali berlaga di Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia. Dia merupakan salah satu gelandang terbaik di sepak bola dunia dan pemain yang paling berjasa untuk Denmark.

Christian Eriksen memang salah satu pemain terbaik di Liga Inggris. Bersama Tottenham Hotspurs, Eriksen berhasil membawa Spurs menjadi salah satu tim penantang di Liga Inggris pada beberapa tahun terakhir. Pengalaman Eriksen dalam membela Spurs tentu akan sangat berguna saat membela negaranya. Kemampuan Eriksen dan beberapa pemain Denmark lain yang juga bermain untuk klub-klub Eropa akan membuat kekuatan Denmark lebih kuat lagi.

Pelatih Denmark Age Hareide pun memuji penampilan Eriksen yang dinilai mampu menyaingi permainan Lionel Messi dan Chris­tiano Ronaldo. Pematin dengan nomor punggung 10 tersebut akan menjadi salah satu pemain yang berbahaya dan mampu merepotkan lawannya. Bahkan Age menyebut Eriksen sebagai inspirasi di sekitarnya dan layak disebut sebagai pemain kelas dunia. 

Eriksen pun dinilai akan terus bersinar dan kelak dapat memperkuat salah satu klub ternama dunia baik di Liga Inggris maupun Spanyol. Bahkan, penjaga gawang Denmark yang pernah tampil bersama dengan Eriksen di Piala Dunia 2010, Thomas Sorensen, menilai bahwa Eriksen telah menjelma menjadi salah satu pemain yang berhasil mengembangkan kariernya. Juga terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Perkembangan Erikson tidak hanya dapat pujian para rekan setimnya, Pada 2011, Eriksen meraih penghargaan Dutch Football Talent of the Year dan menjadi pemain Denmark kedua yang meraihnya setelah Jon Dahl Tomasson. ** (SS)

SHARE