Youtube Siap Bersaing di Layanan Musik Streaming | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Youtube Siap Bersaing di Layanan Musik Streaming
Sopan Sopian | Digital Life

YouTube telah mengumumkan perombakan besar dalam layanan langganan dan streaming musik premium-nya, mencabut merek YouTube Red, dan mendorong untuk menawarkan versi penawaran berbayar dan didukung iklan di seluruh layar.

pixabay.com

Pada pertengehan Mei 2018 lalu, raksasa video milik Google ini memperkenalkan kembali YouTube Music yang diubah di Australia, layanan streaming baru untuk menantang Spotify dan Apple Music. Dengan mengambil bentuk aplikasi dan pemutar desktop, layanan ini memiliki ribuan daftar putar yang dikurasi dan akan memberikan saran berdasarkan selera dan lokasi Anda.

Selain perpustakaan album dan stasiun radio khusus artis, YouTube Music tentu saja akan menawarkan video musik resmi yang tak terhitung jumlahnya serta versi cover, live rekaman dan remix langsung dari YouTube. Ada juga fitur yang memanfaatkan asisten AI Google yang memungkinkan Anda menemukan lagu dengan memasukkan beberapa lirik atau deskripsi yang samar-samar.

Layanan ini akan tersedia secara gratis, tetapi versi premium dari YouTube Music akan dikenakan biaya setiap bulannya. Bagi mereka yang menggunakan konten "premium", YouTube akan menghapus iklan dan memungkinkan pengguna untuk mengunduh trek ke perangkat mereka. Anda juga harus berlangganan jika ingin terus mendengarkan di ponsel Anda di latar belakang saat Anda melihat aplikasi lain atau mematikan layar.

Streaming Musik - male IndonesiaImage by rawpixel.com

Layanan musik baru dan langganan video premium menggantikan YouTube Red, layanan yang awalnya diluncurkan di Australia hampir tepat dua tahun lalu. YouTube mengatakan, pelanggan Red yang sudah ada akan mendapatkan akses penuh ke semua fitur Premium tetapi tidak akan membayar ekstra.

Perusahaan telah mengkonfirmasi bahwa pelanggan yang sudah ada akan dapat terus menggunakan Google Play Music bahkan setelah peluncuran layanan baru tetapi belum ditentukan jika anggota baru YouTube Premium akan mendapatkan akses ke layanan yang selalu dimiliki oleh pelanggan YouTube Red.

YouTube saat ini menikmati basis pengguna lebih dari 1,5 miliar orang, tetapi berbagai upaya Google untuk meluncurkan versi langganan premium dan memutar layanan streaming musik telah mengalami kesuksesan yang beragam. 

Reshuffle terbarunya menempatkan YouTube Music dalam persaingan langsung dengan Apple (dengan 50 juta pelanggan) dan Spotify (dengan 75 juta pelanggan yang membayar, total 170 juta pengguna).  ** (SS)

SHARE