Ayo! Atasi Rasa Malas Berolahraga Saat Cuaca Panas | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Ayo! Atasi Rasa Malas Berolahraga Saat Cuaca Panas
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Cuaca panas menjadi salah satu faktor yang mebuat olahraga menjadi malas. Melihat matahari terik saja dari rumah rasanya ingin kembali masuk dan menyalakan pendingin ruangan. Padahal berolahraga di bawah terik matahari tidak akan menimbulkan masalah bila dilakukan dengan benar dan trik yang tepat.

cuaca panas - male Indonesiapexels.com

Selain itu, ketika udara atau cuaca panas justru waktu yang tepat untuk berolahraga. Karena Anda semakin cepat membakar kalori tubuh ketika cuaca sedang panas. Lalu bagaimana caranya untuk memiliki semangat berolahraga ketika cuaca panas? 

Kenakan Pakaian yang Longgar
Hindari mengenakan pakaian dan celana yang ketat kalau ingin berolahraga saat musim atau cuaca panas, karena akan membuat Anda kegerahan nantinya. Tubuh Anda butuh ventilasi untuk menyerap udara segar. Jadi, pilihlah pakaian yang tipis, longgar, mudah menyerap keringat, dan berwarna cerah yang tidak menyerap panas sinar matahari.

Siapkan Anti-Sinar Ultraviolet
Ketika berolahraga di bawah sengatan sinar matahari, perlengkapan yang tak boleh ditinggalkan adalah topi. Kini, sudah banyak topi yang dilengkapi elemen yang mampu melindungi dari panas sehingga bisa tetap berlatih maksimal, seberapa pun panasnya udara. Sekarang bahkan sudah ada topi yang dilengkapi perlindungan anti-sinar ultraviolet hingga 95 persen dan mampu mengontrol kelembapan.

Pendekkan Rute 
Jika biasanya Anda lari selama 30 menit, sebaiknya mengurangi waktu dan memendekkan rute yang biasa di tempuh. Sayangi tubuh Anda dengan tidak memaksa dan menyiksa kulit di bawah sinar matahari. Olahraga memang perlu, namun memikirkan kemampuan tubuh juga penting. Berolahraga di musim panas sebaiknya dilakukan selama 30 menit saja setiap hari selama satu minggu. Setiap berolahraga 10 menit, usahakan beristirahat selama lima menit. 

Jaga Agar Tubuh Tetap Terhidrasi
Hal ini sangat penting. Apalagi berolahraga saat cuaca panas akan membuat cairan tubuh lebih cepat hilang dan butuh untuk segera diganti. Jadi, agar tubuh tidak dehidrasi, Minumlah air putih sebanyak 500-600 mililiter 4 jam sebelum berolahraga. Kemudian 15 menit sebelum berolahraga, minum lagi sebanyak 150-250 mililiter.

Lakukan Aklimatisasi
Agar tubuh Anda tidak kaget dengan suhu udara di luar rumah yang sangat panas, sebaiknya melakukan aklimatisasi jauh-jauh hari sebelum musim panas tiba. Aklimatisasi adalah upaya penyesuaian yang dilakukan tubuh saat ingin memasuki lingkungan atau kondisi yang baru. Jadi, lakukanlah penyesuaian dengan cara berolahraga di dalam ruangan terlebih dahulu tanpa menggunakan AC sebelum benar-benar berolahraga di luar ruangan. ** (SS)

SHARE