Kumis, Tren Fashion yang Mengalami Pasang Surut - Male Indonesia
Kumis, Tren Fashion yang Mengalami Pasang Surut
Gading Perkasa | Looks

Dibandingkan rambut, janggut dan bulu-bulu lainnya, kumis bisa dikategorikan sebagai tren fashion yang mengalami pasang surut. Ada kalanya kumis diterima secara baik, namun tidak jarang hal itu dibenci oleh kaum hawa.

kumis - male Indonesiapixabay.com

Padahal, menurut para pakar, kumis merupakan perkembangan alamiah sekunder seorang pria. Sama normalnya seperti perubahan suara atau jakun. Bahkan kumis juga dianggap sebagai salah satu tren fashion yang paling terlihat jantan.

Bila diamati dari sudut pandang sejarah, kumis mempunyai perjalanan panjang. Gambar pertama pria berkumis yang sedang menunggang kuda ditemukan di Iran, berasal dari 300 tahun sebelum masehi.

Bukan itu saja MALEnials. Kumis juga melahirkan industri baru. Kesadaran akan pentingnya mengatur tatanan kumis mendorong kemunculan produk alat cukur. King Gillete-lah orang yang pertama kali menjual pisau cukur di tahun 1901. Hingga kini, diperkirakan lebih dari 1,5 miliar USD dihabiskan untuk pembelian alat cukur kumis setiap tahunnya.

Bagaimana di tanah air? Kurang lebih kondisinya serupa. Kumis sempat menjadi tren fashion di era 70-an sampai 80-an. Penyebabnya adalah aktor-aktor Indonesia di masa lalu muncul ke publik dengan kumis mentereng.

Roy Marten yang berkumis tipis serta pemilik kumis tebal seperti Slamet Rahardjo, mendiang Benyamin Sueb dsb. Sosok Fendy Pradana, pemeran Brama Kumbara yang gagah berani turut meningkatkan pamor kumis.

Namun, memasuki era 90-an, kepopuleran kumis sebagai tren fashion berangsur-angsur pudar. Nyaris tak ada satu pun kaum muda di masa itu tertarik menumbuhkannya. Orang-orang beranggapan bahwa kumis identik dengan pria tua.

Untungnya, kumis kembali mendapat tempat di kalangan pria milenial belakangan ini. Gaya hippies di era 70-an kembali diterapkan, musisi legendaris John Lennon jadi acuan. Aktor Hollywood seperti Johnny Depp dan Adam Levine juga tampil berkumis.

Pria yang memiliki kumis akan memperoleh keuntungan tersendiri. Terlihat lebih manly alias gagah, itu pasti. Dan yang terakhir, kumis dapat mengundang perhatian dari mata wanita.

Makanya buat MALEnials yang berniat memelihara kumis, manfaatkan momen ini dengan baik. Jangan ragu mencoba berbagai gaya, sesuaikan kumis dan bentuk wajah supaya sedap dipandang. [GP]

SHARE