Cara Mudah Atasi Dunia Berputar ala Vertigo - Male Indonesia
Cara Mudah Atasi Dunia Berputar ala Vertigo
MALE ID | Sex & Health

Mengatasi vertigo dengan cara sederhana. Tetapi Anda perlu tahu lebih dahulu, bahwasanya vertigo atau pusing yang berputar-putar memang membuat orang sulit beraktivitas. Vertigo berasal dari bahasa Yunani "vertere" yang berarti berputar. Gejala vertigo itu kepala terasa berputar meski tubuh tidak bergerak. Pusing yang terasa berputar-putar itu tentu membuat seorang penderita vertigo tak bisa berbuat apa-apa.

mengatasi vertigo pixabay.com

Bahkan sebagian orang yang mengalami vertigo merasakan mual dan keringat dingin. Menurut dunia medis, ada dua jenis vertigo yakni vertigo subjektif di mana penderita merasa dirinya bergerak dan berputar padahal dalam kondisi diam. Yang kedua vertigo objektif di mana penderita melihat sekeliling lingkungannya berputar.

Selain itu, vertigo terdiri atas dua tipe. Pertama tipe perifer yang berasal dari kelainan organ telinga vestibulum yang antara lain disebabkan penyakit meniere, virus vestibuler, influenza, BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo) dan kelainan refraksi mata (silindris), atau kaca mata yang tidak cocok. Sedang tipe kedua adalah sentral, berasal dari kelainan batang otak & otak kecil seperti stroke, tumor otak, pasca cedera kepala, kelainan tulang leher (vertigo cervical).

Timbulnya vertigo, bisa disebabkan karena adanya gangguan pada THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan). Pasalnya, di telinga bagian dalam terdiri dari rumah siput untuk receptor pendengaran dan vesbulator untuk keseimbangannya. Jika ada gangguan sedikit saja terjadi pada bagian vesbulator tersebut maka terjadilah vertigo.

Baca Juga : Penyakit yang Rentan Menyerang Pria

Selain itu, vertigo juga bisa terjadi karena stress mental, konflik batin, kurang tidur, atau terlalu lama terbaring ditempat tidur, habis makan makanan berlemak, bau cat, obat obat nyamuk, atau wangi–wangian yang menyengat. Perlu diketahui, orang yang menderita vertigo juga sering disertai gangguan sistem otonom seperti rasa mual, muntah, keringat yang berlebihan serta pucat.

Penanganan

Adapun beberapa tahap penanganan penderita vertigo di antaraya, pertama lakukan terapi kausal yaitu obati dulu apa penyebab dasarnya, kedua terapi simptomatik (medikamentosa), ketiga terapi fisik (karena, kadang-kadang obat tidak banyak membantu, sehingga perlu latihan fisik vestibular). Latihan bertujuan untuk mengatasi gangguan vestibular, membiasakan atau mengadaptasi diri terhadap gangguan keseimbangan.

Mengatasi vertigo juga bisa meminum obat golongan anti histamin seperti dimenhidrinate, betahistine, golongan calcium channel blocker Cinnarizine, dan Flunarizine. Tips sederhana juga ada guna meringankan vertigo yaitu dengan latihan menggerakkan (stretching) otot leher seperti menunduk, menggelengkan kepala, tengadah.

Selain itu, bisa juga melakukan latihan ringan dengan bangun dari terbaring dan duduk dan kemudian terbaring kembali. Lakukan hal tersebut berulang-ulang selama 10 menit pada pagi dan sore hari. Kemudian, jika Vertigo datang tiba – tiba menyerang, segera fokuskan pandangan pada satu benda. Hal ini membuat vertigo cepat berlalu. ** (SS)

SHARE