Akses Gmail Tanpa Koneksi Internet, Bisa Kok! - Male Indonesia
Akses Gmail Tanpa Koneksi Internet, Bisa Kok!
MALE ID | Digital Life

Layanan kirim surat atau surat elektronik milik Google, yakni Gmail tersedia dalam versi offline. Artinya memungkinkan pengguna Gmail mengakses email tanpa harus terhubung dengan internet.

FOTO: Cairo/flickr

Gmail offline ini tidak bisa secara otomatis dipakai, pengguna mesti merubah pengaturan telebih dahulu. Selain itu, beberapa fitur Gmail Offline hanya bisa digunakan pada Chrome 6.1 atau lebih tinggi.

Caranya mudah, buka Chrome Web Store dengan browser Google Chrome. Pilih aplikasi bernama Offline Google Mail (Beta). Jika kesulitan, bisa menggunakan mesin pencari yang ada di bagian atas kiri dan ketik kata kunci Offline Google Mail. Setelah muncul, klik "add to chrome" maka pop up instalasi aplikasi akan muncul. 

Klik "install" dan aplikasi Gmail Offline akan terpasang di browser Anda. Kalau mau mencoba kemampuannya, putuskan semua akses internet, lalu buka tab baru di browser Chrome. Klik ikon aplikasi Offline Google Mail. 

Nah, jika berhasil, email Anda akan terbuka dalam format offline. Anda bisa membaca email, menata email ke dalam folder-folder tertentu, atau menghapus email yang tidak lagi penting, semua tanpa perlu akses internet. 

Setelah selesai, pengguna dapat memilih untuk menyimpan surel selama 7, 30 atau 90 hari, lalu apakah pengguna ingin mengunduh lampiran atau tidak dan memilih satu dari dua mode keamanan.

gmail - Male Indonesiaben dalton/Flickr.com

Perlu diingat lagi, Gmail Offline hanya berfungsi di browser Chrome dan hanya bisa digunakan untuk manajemen email. Anda tetap harus membutuhkan akses internet untuk mengirimkan email atau membalas email.

Selain itu, jika ingin mengapus Gmail Offline, Anda bisa menggunakan cara Ketik chrome://settings/cookies ke address bar dan tekan Enter. Kemudian, Anda cari tulisannya mail.google.com. Setelah itu Anda bisa klik "Remove All" dan terakhir klik "Done" dan tutup tab browser.

Melalui AndroidCentral, Google juga mengumumkan serangkaian perubahan pada Gmail untuk keperluan Bisnis. Beberapa fitur baru diantaranya  pengingat agar melakukan balasan atau melanjutkan surel tertentu. Selain itu ada fitur terbaru yaitu Smart Reply agar pengguna dapat membalas pesan lebih cepat. Smart Compose untuk memudahkan membuat surel secara otomatis dan merekomendasikan kata yang aan digunakan berdasar kecerdasan buatan. ** (SS)

SHARE