7 Hari Terkunci, iOS akan Matikan Fitur Ini - Male Indonesia
7 Hari Terkunci, iOS akan Matikan Fitur Ini
MALE ID | Digital Life

Dalam rangka memperkuat fitur keamanan. Apple sedang mengembangkan teknologi yang memungkinkan iOS menonaktifkan data USB jika perangkat terkunci untuk jangka waktu 7 hari. Fitur, yang disebut USB Restricted Mode, pertama kali diperhatikan oleh para peneliti Elcomsoft melalui kode iOS 11.4.

male indonesia iphone
Pixabay.com

Mengutip laman techrunch, jika perangkat tidak terkunci selama jangka waktu 7 hari, hal itu dapat mengekspolitasi koneksi terhadap informasi yang keluar dari perangkat tanpa persetujuan pengguna. Untuk itulah alasan mengapa iOS akan menonaktifkan data USB. Jika ingin mengaktifkan kembali, buka kuncinya secara normal.

Pada umumnya, ketika iPhone dicolokkan ke perangkat lain, apakah itu komputer pemilik atau yang lain, kemudian ada petukaran data ketika ponsel dan komputer mengenali satu sama lain, setelah itu baru dapat mengirim atau membuat cadangan data dan seterusnya.

Atas kebiasaan koneksi tersebut, bahayanya orang akan bisa memanfaatkan kondisi ini untuk masuk dan mengambil data dari iPhone yang layarnya terkunci. Tapi jika teknologi USB Restricted Mode aktif, maka port lightning di iPhone hanya bisa dipakai untuk mengisi ulang daya. Tidak ada pertukaran data, sehingga upaya membobol melalui USB pun akan sia-sia.

Keberadaan teknologi tersebut bakal menyulitkan para penegak hukum hingga pencuri yang memang berniat mengekstrak data dari iPhone. Apalagi sebelumnya, para penegak hukum di Amerika Serikat telah berhasil mendapatkan software yang bisa membukan kunci iPhone hasil sitaan dari pelaku kejahatan.

Contoh lain, ketika pemilik meninggalkan telepon di rumah ketika berlibur. Seperti tindakan keamanan terbaik, musuh akan menggerutu dan kesal, sementara pemilik mungkin tidak tahu keberadaannya. Atas teknologi ini bisa jadi salah satu fitur keamanan yang inovatif dalam retrospeksi dan bisa jadi pula jika pembuat ponsel lain menconteknya dalam waktu dekat.

Sayangnya pakar keamanan dari Elcomsoft belum bisa memberikan penjelasan apakah keamanan baru ini bisa mencegah alat GrayKey untuk menjebol Passcode Lock di perangkat iOS. Namun mode Sync di perangkat komputer lewat iTunes juga akan mendapatkan pengaturan yang sama, harus membuka Passcode Lock dalam waktu kurang dari 7 hari untuk dapat melakukan proses memindah data. ** (SS)

SHARE