4 Faktor yang Bisa Picu Pusing Setelah Bekerja - Male Indonesia
4 Faktor yang Bisa Picu Pusing Setelah Bekerja
MALE ID | Works

Deadline, kerjaan menumpuk pada hari itu, menjadi dua dari sekian banyak faktor yang menyebabkan pusing setelah bekerja. Ketika Anda mengalami hal tersebut bisa jadi mengalami Computer Vision Syndrome (CVS) yang kerap dialami oleh para pekerja kantoran.

Pusing Setelah Bekerja - Male IndonesiaPhoto by Toa Heftiba on Unsplash

Pusing setelah bekerja atau mengalami CVS ni biasanya ditandai dengan rasa pusing di waktu senja atau sore hari menjelang jam pulang kerja. Kemduian, area yang terasa sakit biasanya berada di atas mata hingga bagian tempurung atas kepala. Hal tersebut bisa diakibatkan dari faktor lain selain dua faktor di atas, di antaranya:

Terlalu Sering Membaca Pada Layar Komputer
Pada kenyataannya, beberapa orang ada yang tidak bisa menerima pixel komputer dengan baik. Hal ini membuat mata bekerja lebih keras lantaran harus terus fokus pada pixel yang sebenarnya sulit diterima oleh indra pengelihatan. Ini yang membuat pandangan menjadi tidak fokus dan Anda sering pusing setelah bekerja.

Melihat Layar Komputer Lebih dari 3 Jam
Dilansir dari Vagabondjourney, CVS terjadi pada 90% orang yang menghabiskan waktu lebih dari 3 jam tanpa jeda di depan layar komputer. Ini menyebabkan mata terasa kering, iritasi, rasa pusing, pandangan berbayang, hingga mual dan mengalami vertigo. Karenanya, Anda perlu beristirahat dengan teknik 20:20:20 untuk mengurangi dampak sinar biru dari layar.

Cahaya Komputer Terlalu Redup dan Terlalu Terang
Pengaturan cahaya yang salah pada layar dapat membuat risiko terjadinya CVS semakin besar, baik terlalu gelap atau terang. Jika Anda banyak membaca di layar komputer dengan pencahayaan yang salah, pandangan berbayang akan menjadi risiko yang mengincar. Sebaiknya, Anda atur cahaya layar dengan menyesuaikan lampu ruangan. Jangan biarkan cahaya monitor lebih redup atau terang dibandingkan dengan lampu ruangan.

Dekat dengan Sumber Angin Ruangan
Faktor terakhir yang bisa sebabkan pusing setelah bekarja adalah terlalu dekatnya dengan sumber angin ruangan. Jika Anda bekerja dalam ruangan ber-AC, pastikan aliran udara tidak melewati mata. Hal ini hanya akan membuat mata menjadi lebih kering dan lelah sehingga rasa sakit kepala mudah menyerang. Cobalah untuk mengatur angin AC ke atas agar tidak mengarah langsung ke area mata. ** (SS)

SHARE