Band Cadas nan Agresif Siap Luncurkan Album Baru - Male Indonesia
Band Cadas nan Agresif Siap Luncurkan Album Baru
MALE ID | News

Bagi band yang mengusung genre heavy metal seperti System of a Down, musik bukan hanya sekadar wadah berkreasi. Melainkan juga menjadi sarana untuk bersuara dan memengaruhi pemikiran orang lain.

Photo credit: mastakilla on Visualhunt / CC BY-NC

Beranggotakan empat orang, yaitu Serj Tankian, Daron Malakian, Shavo Odadjian dan John Dolmayan, mereka menciptakan lagu-lagu yang sifatnya agresif dan dinamis. Belum lagi lirik di dalamnya, menambah sisi garang System of a Down.

Sebagian pengamat menyebutkan bahwa lirik SOAD cenderung menunjukkan perlawanan dan protes. Tidak jarang, mereka tampil begitu terbuka dan vulgar saat bicara soal politik di lagu Boom! Atau kentalnya unsur seksualitas di Cigaro.

Oleh sebab itu, band yang terbentuk pada tahun 1994 silam ini menuai respect. Salah satu karya mereka, B.Y.O.B (Bring Your Own Bomb) ditujukan untuk menentang peperangan di Iraq --melibatkan pemerintah Amerika Serikat.

Akan tetapi, paska merilis album Mezmerize dan Hypnotize di tahun 2005, sampai sekarang System of a Down tak kunjung melahirkan karya baru. Hal itu membuat sang gitaris, Daron Malakian mulai menyibukkan diri dengan berfokus pada side project-nya, Scars on Broadway.

Malakian telah mengonfirmasi bahwa dirinya siap mengaktifkan kembali proyek tersebut. Terakhir kali, Scars on Broadway tampil sebagai band pembuka Deftones di Los Angeles, Amerika pada 2012 lalu. Menggunakan identitas baru, “Daron Malakian and Scars on Broadway”, gitaris keturunan Armenia itu juga merekrut beberapa personel baru.

Ia mengumumkan, para personel band sebelumnya yang terdiri dari John Dolmayan (drummer System of a Down), Dominic Cifarelli, Franky Perez dan Danny Shamoun pergi meninggalkan band. Mereka baru menuntaskan satu album studio, Self-Titled di tahun 2008.

“Tidak ada yang hengkang. Saat saya pertama kali membentuk Scars, saya selalu mengatakan bahwa anggota di dalamnya akan berbeda-beda dari album ke album. Tergantung pada jenis musik yang akan dibuat. Inilah mengapa saya menambahkan nama saya di depan Scars on Broadway,” ujar Malakian seperti dilansir oleh Kerrang.

Sedangkan, System of a Down sendiri belum lama dikabarkan berniat kembali ke hadapan publik. Mereka bakal menggelar konser comeback mereka di Amerika pada Oktober 2018. Terakhir, mereka konser di Negeri Paman Sam pada 2015. [GP]   

SHARE