Jenis dan Tips Atasi Fobia yang Mengganggu - Male Indonesia
Jenis dan Tips Atasi Fobia yang Mengganggu
MALE ID | Sex & Health

Seorang ahli terapis, Christopher Paul Jones yang sudah membantu orang-orang fobia dan mereka yang memiliki kecemasan berlebih mengungkapkan cara menyembuhkan fobia, seperti rasa takut akan berbicara di depan umum atau ketakutan berlebih terhadap suatu benda.

Male IndonesiaPhoto:Pexels.com

Jones mengungkapkan, timbulnya fobia baik itu soal bicara, takut terhadap ular, laba-laba, ketinggian, jarum, ruang sempit dan muntah, dikarenakan pengalaman masa lalu yang cukup kuat. Ambil contoh orang yang takut akan ketinggian. Di mana orang tersebut mengalami hal buruk disuatu tempat tinggi. Sehingga otak menciptakan asosiasi antara ketinggian dan bahaya.

Maka, di masa depan ketika Anda berpikir tentang ketinggian, otak akan membawa Anda pada kesadaran peristiwa masa lalu. Dampak dari itu, otak akan membawa Anda masuk ke mode "bertahan hidup", di mana otak akan menstimulus peringatan dan bagaimana untuk menghindarinya. Dan itulah yang dirasakan oleh orang-orang yang memiliki fobia. Lalu bagaimana cara menyembuhkan fobia?

Fobia Bedan/Hewan
Jones mengatakan, salah satu cara efektif untuk menyembuhkan fobia Anda adalah dengan bertanya pada diri sendiri, 'apa yang harus saya yakini dan merasa seperti apa? Apa yang harus saya bayangkan dalam pikiran saya? Apa yang harus saya katakan pada diri sendiri? Apa yang saya rasakan ketika saya berpikir tentang ketakutan saya?'

Dengan menjawab itu semua, akan mengubah cara pandang Anda terhadap sesuatu yang membuat Anda trauma atau ketakutan. Semisal, Anda takut terhadap laba-laba, jika Anda melihat laba-laba Anda bisa membayangkan sebuah sepatu roda yang unik. Mungkin situasi ini akan terasa sulit, sehingga perlu latihan yang terus diulang.

 

RELATED ARTICLES

 


Fobia Ketinggian
Untuk Anda yang fobia akan ketinggian, jangan membayangkan bahaya yang akan terjadi saat ada berada di ketinggian. Jangan fokuskan pikiran Anda pada bahaya yang akan menimpanya. Contoh: Ketika Anda memang harus mepergian dengan pesawat padahal Anda memiliki fobia ketinggia, jangan terfokus terhadap ketinggian di atas pesawatnya, Jones menyarankan, lebih baik bayangkan hal menarik apa ketika Anda sampai di tujuan ketika turun dari pesawat.

"Saya percaya jika kita berani diri untuk memikirkan hal diluar dari ketakutan, kita bisa memperluas dan memiliki lebih banyak kebebasan untuk menikmati hidup," tutur dia.

Fobia Panik

"Selama serangan panik, biasanya pernapasan dapat menjadi sangat dangkal. Hal ini akan menyebabkan kekurangan oksigen, yang pada akhirnya bisa menyebabkan seseorang untuk panik yang berlebihan," ucap Jones.

Cara efektif untuk menyembuhkan rasa panik ini, kata dia, mengambil nafas diafragma dalam-dalam. Caranya, dengan bernapas melalui hidung selama lima detik, tahan dan kemudian menghembuskan perlahan melalui mulut selama lima detik. Ulangi terus selama beberapa menit.

Claustrophobia

Claustrophobia adalah ketakutan tidak beralasan pada ruang tertutup atau ruang sempit. Jones mengungkapkan, fobia ini berawal dari suatu peristiwa di masa lalu, seperti terjebak dalam ruang tertutup seperti lift atau bahkan lemari.

Metode mengontrol claustrophobia ini dengan berlatih mengontrol gerak mata dari kiri ke kanan dan kemudian sebaliknya selama beberapa menit. Hal ini bisa mengurangi muatan emosional dan dengan demikian mengurangi dampak dari rasa takut Anda terhadap ruang tertutup atau ruang sempit.

SHARE