Bak Ditelan Bumi, Band Ini Ternyata Belum Bubar | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Bak Ditelan Bumi, Band Ini Ternyata Belum Bubar
Sopan Sopian | News

Memasuki tahun 2000an, bisa dibilang masa jaya band Indonesia. Hampir mereka yang memiliki lagu bagus, akan cepat melejit. Pamor mereka juga tak kalah mentereng dari para penyanyi solo. Melejitnya band di tahun ini memang tidak lepas dari tren mengoleksi kaset pada saat itu.

Flanella/FOTO: Erwinyudis/wikipedia

Di tahun itu juga, karya fisik masih punya banyak peminat meski perlahan bergeser dari kaset ke lempengan CD. Geliat musik juga berkembang pesat dengan maraknya acara musik di televisi. Sejumlah band meraih masa puncak kejayaan di medio 90 hinga 2000 pertengahan.

Sayangnya, setelah tren berubah dan dunia digital berkembang pesat. Hampir band yang dahulunya melejit kini bak di telah bumi. Bahkan saking jarang terdengar, banyak yang menyangka band-band yang ngehits di era 2000an ini sudah bubar. 

Flanella


Grup Musik yang dibentuk pada tahun 1998 asal Malang ini memang sempat hits di tahun 2000-an dengan lagunya "Aku Bisa". Karena memang Flanella ini dikenal dengan syairnya yang romantis. Flanella memang sempat vakum, tapi Kidnep (vokal), Ayik (gitar), Catur (drum), Onky (kibord), dan Dhana (bass), kembali menemukan cintanya di musik dan berkarya bersama. 

Pilot


Grup band Pilot sempat mencuri perhatian pecinta musik Indonesia lewat lagu Sepanjang Hidupku yang sukses merajai tangga lagu radio di seluruh Indonesia medio 2008 silam. Sayangnya, prestasi tersebut tak berakhir indah. Band ini memang sempat vakum, namun Pilot kemudian kembali bertransformasi dengan nama Pilotz pada 2014 dengan anggota yang baru pula, yakni Tara (gitar), Athhur (bass), dan Agyl (drum).

Jikustik


band asal Yogyakarta, Jikustik. Mereka juga dikenal dengan lagu-lagunya yang romantis, terutama patah hati. Jikustik sempat melejit namanya selama beberapa tahun. Kepergian sang vokalis, Pongki Barata diduga menjadi akhir karier Jikustik. Namun nyatanya mereka mencari vokalis baru dan masih berjalan hingga saat ini dengan warna yang berbeda tentunya.

Vagetoz


Berikutnya ada band asal Bandung, ada yang masih ingat? Ya mereka adalah Vagetoz. Sang vokalis, Teguh sempat merilis karya solo di luar bandnya tersebut, tapi tak membuat bandnya bubar. Vagetoz dikenal dengan lagu-lagunya seperti Saat Kau Pergi, Betapa Aku Mencintaimu dan Kehadiranmu. Band yang digagas pada 1999 ini sampai saat ini masih aktif bermusik bersama.

Letto


Nama band asal Yogyakarta ini pastinya sudah tidak asing lagi. Terdiri dari Noe, Patub, Dhedot dan Arian, Letto menyuguhkan musik yang punya karakter kuat di awal 2000an. Sempat berkibar di bawah naungan label besar, Letto kini bermusik secara indie. Saat ini pelantun Sandaran Hati ini masih terus berkarya dan banyak diminati. Lagu mereka Kasih Tak Memilih mengobati kerinduan para penikmat musik yang lama tak dibuai karya Letto. ** (SS)

SHARE