3 Cara Membangun Hubungan Erat Antar Karyawan - Male Indonesia
3 Cara Membangun Hubungan Erat Antar Karyawan
MALE ID | Works

Semua perusahaan menginginkan ada hubungan erat antar karyawan atau staf yang harmonis. Namun apakah perlu pemimpin menjadi mak comblang sosial untuk keharmonisan staf? 

hubungan erat antar karyawan - Male Indonesiarawpiksel.com

Karena hubungan erat antar karyawan dan lingkungan yang lebih bahagia di tempat kerja, bisa membuat atau dapat menciptakan tim yang "mapan" dalam menghasilkan pekerjaan yang lebih baik. Sayangnya, ini tidak terjadi dalam semalam, dan terkadang itu tidak terjadi sama sekali. 

Pasalnya, semua perusahaan sudah menyadari bahwa satu "apel buruk" dapat merusak kelompok itu. Kepribadian yang kontras dapat mencoreng tempat kerja yang kuat secara budaya, dan dari sana, segala sesuatu yang lain bisa mengikutinya. Jadi bagaimana Anda dapat menciptakan fondasi untuk budaya yang solid, tempat kerja yang bahagia dan kelompok kolaboratif? 

Membuat Waktu untuk Sebuah Keajaiban
menciptakan hubungan erat antar karyawan itu tidak berarti Anda duduk dengan dua orang dan memerintahkan mereka untuk berteman dengan baik. Bukan seperti itu, tetapi ini terkait dengan waktu. Untuk mendapatkan orang-orang berteman dengan baik di tempat kerja, Anda lebih baik memberi mereka ruang untuk melakukannya.

Tanpa peluang untuk saling mengenal, orang tidak punya waktu untuk terhubung pada level yang dapat menciptakan ikatan yang lebih kuat. Di sebuah perusahaan di Kanada, sebuah perusahaan membangun "Creative Niche". Di mana karyawan diwajibkan mematikan semua layar komputer selama 30 menit.

Selama periode itu, staf didorong untuk bermain apapun bersama, mengobrol di ruang makan siang atau minum kopi bersama. Semua orang tahu mereka memiliki kesibukan, tetapi 30 menit akan membuat keajaiban bagi tingkat energi dan produktivitas karyawan.

Mulailah Lebih Awal
Hal kedua yang bisa dilakukan adalah, memulainya lebih awal sebelum konflik terjadi terhadap karyawan yang akhirnya dapat merusakan tim dan berdampak pada perusahaan Anda. Untuk melakukan ini, Anda bisa memulai dengan membuat sebuah agenda bersama seperti family gathering untuk memperkenalkan antar star yang satu ke staf yang lain, kemudian mempersilahkan mereka bermain acak untuk saling terhubung.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur makan siang kantor, mengundang departemen mereka untuk mengenal karyawan baru, dan sebaliknya. Atau ini bisa jadi Jumat Happy Hour atau pertemuan kopi Senin pagi. Mengambil offsite grup menciptakan suasana yang lebih santai untuk mendapatkan percakapan organik.

Dana yang Menyenangkan
Kadang-kadang apa yang Anda atau tim SDM Anda pikir saat yang tepat bisa sangat kontras dengan apa yang lebih disukai staf Anda. Itulah mengapa Anda harus menyisihkan sebagian dana untuk bersenang-senang, memberi staf Anda anggaran untuk merencanakan acara di luar kantor. Ini tidak hanya akan menciptakan kerja sama tim, tetapi juga dapat mendorong kegembiraan dalam kelompok karena mereka memilih apa yang ingin mereka lakukan. ** (SS)

SHARE