Mengatasi Rasa Malas Bekerja Setelah Libur Panjang | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengatasi Rasa Malas Bekerja Setelah Libur Panjang
Sopan Sopian | Works

Rasa malas setelah libur panjang memang kerap terjadi. Apalagi bagi Anda yang merantau ke kota besar dan libur panjang dihabiskan di kampung halaman. Tentu rasa nyaman di rumah sendiri, bermalas-malasan memiliki kenikmatan lain. Akhirnya kebiasaan liburan di rumah itu terbawa dan rasa timbul malas ketika harus kembali ke kantor dan membayangkan pekerjaan yang telah menumpuk.

libur panjang - male IndonesiaImage by rawpixel.com

Sebenarnya, rasa malas setelah liburan masih bisa di atasi. Meski kuncinya memang harus dipaksakan. Namun rasa pemaksaan itu bisa hilang ketika Anda bisa memerhatikan hal-hal berikut ini. Agar rasa malas untuk bekerja kembali setelah libur panjang bisa sirna.

Datang Lebih Pagi
Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, Anda jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang seperti sudah menjadi rutinitas. Tapi sekarang adalah saatnya Anda bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan saat liburan dan bermalas-malasan. 

Caranya adalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja. Dengan begini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan, sehingga tidak keteteran saat mengerjakannya nanti.

Mulai dengan Pekerjaan Paling Mudah
Setelah menghabiskan waktu untuk liburan, biasakan diri dengan mengerjakan pekerjaan paling mudah terlebih dahulu seperti pemanasan (warming up) dalam berolahraga. Hal ini dikarenakan pikiran dan mood Anda masih belum 100% pada pekerjaan. Tenang saja dan tidak perlu terburu-buru.

Bisa jadi jika Anda terburu-buru, Anda malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan Anda, karena harus sering diulang. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit. Perlahan asal pasti, itu lebih baik.

Langsung Fokus Bekerja
Hal yang paling utama, tentu saja kembali fokus ke dalam masalah kerja. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan Anda mesti mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik. Ingat, liburan sangat berguna untuk mengembalikan semangat bekerja yang mungkin sudah mulai padam karena rasa bosan. Bukan justru sebaliknya.

Jangan Terbawa Teman
Musim liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerja masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi Anda. Tapi jangan biarkan mereka mempengaruhi, melainkan Anda yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerja dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

Bayangkan Kesenangan dalam Bekerja
Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan, namun jika Anda menyukai pekerjaan, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan Anda. Agar bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu. 

Misalnya, Anda bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerja yang sudah lama tak bertemu. Wanita yang diam-diam memberi semangat meski Anda hanya dapat memandangnya saja. Alhasil, dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menumbuhkan semangat kerja yang sudah hampir sirna itu. ** (SS)

SHARE