Alami Jet Lag? ini Cara Mudah untuk Mengatasinya - Male Indonesia
Alami Jet Lag? ini Cara Mudah untuk Mengatasinya
MALE ID | Relax

Mereka yang baru pertama atau yang tidak biasa bepergian jauh dengan pesawat tentu akan mengalami jet lag. Jet lag sendiri merupakan perubahan waktu tidur sementara atau merasa lelah dan kebingungan setelah perjalanan panjang dengan melintasi beberapa zona waktu menggunakan pesawat.

jet lag - male IndonesiaPhoto by Anete L?si?a on Unsplash

Sedikitnya ada tiga gejala jet lag, gangguan pada pola tidur, rasa selalu mengantuk, dan kelelahan. Gejala jet lag biasanya mulai dirasakan setelah melintasi setidaknya tiga zona waktu. Selain itu, pelancong yang melakukan penerbangan ka arah timur bumi cenderung mengalami jet lag yang lebih parah dibanding penerbangan ke arah barat. 

Gejala yang terjadi biasanya membaik dalam dua hari, tergantung kepada kecepatan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Oleh karena itu berikut cara mengatasi jet lag yang perlu Anda ketahui.

Tidur Singkat Selama 20 Menit  
Jika tak punya banyak waktu istirahat begitu tiba di destinasi tujuan, cobalah tidur beberapa kali dalam sehari. Tidur singkat (nap) dianjurkan bagi para penderita jet lag. Anda bisa "mencuri waktu tidur" selama 20 menit, apalagi jika Anda hanya tidur malam selama empat jam.

Hindari Kafein dan Alkohol
Saat lelah sebagian orang bergegas menuju kedai kopi terdekat, menyeruput kopi kesayangan mereka. Namun, kala jet leg melanda sementara waktu sebaiknya jangan lakukan hal ini. Zat yang terkandung dalam kopi dan alkohol bisa membuat dehidrasi Anda dan berujung menyebabkan jet lag Anda lebih buruk.

Jaga Pola Makan 
Selama traveling, wajib hukumnya untuk menjaga pola makan serta berada di bawah sinar matahari. Jika Anda hanya tinggal selama satu atau dua hari di destinasi tujuan, cobalah melakukan banyak aktivitas luar ruangan.

Mandi Air Dingin
Saat mengalami jet lag, cobalah mandi air dingin pada malam hari dan air hangat pada pagi hari. Hormon melatonin yang dibutuhkan agar tidur nyenyak bisa muncul dengan adanya perubahan temperatur badan.

Batasi Paparan Cahaya  
Cara ini mungkin cara paling efektif mengatasi kelelahan Anda. Jet lag terjadi saat ritme sirkadian Anda keluar jalur sehingga, membuat Anda merasa lelah. Memanipulasi paparan cahaya dapat membantu mengatur ulang ritme ini. Batasi jumlah paparan cahaya buatan (lampu), misalnya dengan memakai kacamata hitam. ** (SS)

SHARE