Hindari Malnutrisi Saat Berpuasa, Ini Solusinya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Hindari Malnutrisi Saat Berpuasa, Ini Solusinya
Sopan Sopian | Sex & Health

Perubahan pola makan di bulan Ramadan, dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari saat sahur dan berbuka, seringkali menimbulkan anggapan bahwa kita makan lebih sedikit dari biasanya. Akibatnya, kita cenderung menyantap porsi makanan berlebihan ketika berbuka. 

Kebutuhan Nutrisi - male IndonesiaPhoto by Tristan Gassert on Unsplash

Padahal, kebutuhan kalori harian tubuh saat berpuasa tetap sama dengan kebutuhan kalori saat tidak berpuasa. Selain memerhatikan pemenuhan kebutuhan kalori, penting pula memerhatikan asupan nutrisi agar bugar dan tetap produktif selama berpuasa. 

Menurut dr. Jovita Amelia, Sp.GK meski beragam, kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1500-2500 kkal setiap hari. Di mana, kebutuhan tentu disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan seseorang. Agar tubuh fit dan tetap produktif selama berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengurangi atau menambahkan asupan kalori.

Ia juga mengimbau agar kita justru harus memerhatikan asupan nutrisi agar terhindar dari masalah kesehatan saat puasa. "Aktivitas kita tetap sama tetapi asupan berkurang, itulah yang mesti kita jaga agar tetap seimbang," ujar dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, dokter spesialis gizi.

Selain itu, dr Jovita juga memberikan 5 tips memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktivitas saat berpuasa diantaranya:

1. Hindari Kafein dan MiNuman Manis Berlebih
Saat berbuka puasa memang dianjurkan untuk meminum-minuman yang manis. Seperti teh manis dan sebagainya. Tetapi kebiasaan memang terkadang berlebihan dalam mengonsumsi minuman manis tersebut. Padahal, dr. Jovita menyarankan untuk menghindari konsumsi kafein serta makanan dan minuman manis secara berlebihan. 

2. Pilih Karbohidrat Kompleks
Hal kedua yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan enegeri saat berpuasa adalah memilih karbohidrat kompleks. Di mana cara mendapatkannya? Untuk mendapatkan karbohidrat kompleks ini, Anda bisa mengonsumsi gandum, buah-buahan seperti pisang atau umbi-umbian. 

3. Hindari Gorengan
Kebiasaan seseorang saat berbuka puasa di jalan atau di kantor adalah mengonsumsi gorengan dan makanan yang bersantan. Padahal ketika mengonsumsi dua makanan itu, Anda akan merasakan begah. Untuk itu disarankan dalam mencegah begah, hindari konsumsi gorengan dan santan berlebih saat berbuka.

4. Konsumsi Sayuran
Alih-alih takut perut keroncongan, terkadang beberapa orang menghindari sayuran. Kebanyakan mengonsumsi makanan seperti daging dan sebagainya. Meski tidak salah, namun lebih baik diimbangi dengan mengonsumsi sayuran untuk mendapatkan kebutuhan serat. Fungsinya juga untuk mencegah konstipasi (sembelit).

5. Mengatur Kebutuhan Cairan
Saat berpuasa memang sehari tidak menyentuh air atau minum. Untuk itu Anda harus bisa memenuhi kebutuhan cairan untuk menghindari dehidrasi. Caranya bagaimana? Anda bisa mengatur kebutuhan cairan dengan tetap minum air putih delapan gelas sehari. Dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah makan malam, dua gelas sebelum tidur. ** (SS)

SHARE