Di Tempat Panas Merasa Kedinginan, Apakah Sakit? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Di Tempat Panas Merasa Kedinginan, Apakah Sakit?
Gading Perkasa | Sex & Health

Pernahkah Anda merasa kedinginan sedemikian hebatnya, padahal sedang tidak berada di tempat yang dingin? Atau bisa jadi Anda menggigil, sementara orang lain justru kepanasan?

merasa kedinginan - male Indonesiaunsplash.com

Bila benar demikian, bisa jadi orang sekitar akan menganggap Anda tidak sehat. Memang, merasa kedinginan merupakan gejala awal tubuh manusia mengalami sakit dan butuh istirahat sementara waktu.

Namun rupanya bukan hanya itu saja MALEnials. Ada sejumlah alasan lain mengapa tubuh seolah-olah kedinginan, yang masih berkaitan dengan kesehatan kita. Mau tahu? Inilah tiga penyebabnya, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Berat Badan yang Rendah
Orang bertubuh gemuk selalu disebut memiliki banyak lemak. Sedangkan orang kurus justru sebaliknya. Tapi tahukah Anda, bahwa lemak berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap hangat?

Bila Anda mempunyai berat badan yang rendah, itu tandanya jumlah lemak di dalam tubuh Anda sangat kurang. Kekurangan lemak bisa memperlambat proses metabolisme. Akibatnya, tubuh hanya punya sedikit energi untuk memanaskan diri sendiri.

Faktor ini merupakan jawaban pertama dari pertanyaan mengapa Anda lebih mudah merasa kedinginan. Solusinya, konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak seperti daging guna menjaga berat badan.

Kekurangan Hormon Tiroid
Di dalam setiap tubuh manusia, terdapat salah satu kelenjar bernama tiroid. Fungsinya sangat penting, yaitu membuat tubuh kita tetap sehat. Di samping itu juga bertugas menaikkan dan menurunkan suhu tubuh, sekaligus menghasilkan hormon tiroid.

Ketika jumlah hormon tiroid kurang, maka tubuh Anda menjadi terlalu peka terhadap udara dingin. Tahu apa yang terjadi selanjutnya? Anda akan menggigil sepanjang waktu, kendati hawa sedang panas-panasnya.

Kekurangan Zat Besi
Penyebab terakhir manusia merasa kedinginan terutama pada bagian tangan dan kaki adalah tubuh kekurangan zat besi. Seperti telah diketahui, zat besi sangat dibutuhkan oleh sel darah merah demi mengangkut oksigen ke dalam darah.

Berkurangnya zat besi dapat mengganggu proses sirkulasi darah Anda. Tubuh akan mengalirkan darah ke organ-organ tubuh yang benar-benar membutuhkan terlebih dahulu. Sementara, jumlah darah yang dialirkan ke bagian tangan dan kaki relatif sedikit. Akibatnya tubuh Anda terasa dingin. [GP]

SHARE