Pengalaman Ini Menjadi Langkah Awal Menuju Sukses | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Pengalaman Ini Menjadi Langkah Awal Menuju Sukses
Gading Perkasa | Works

Kegagalan berkarier tentunya bukan keinginan setiap orang, namun tidak dapat dihindari. Beberapa dari Anda pasti cemas akan hal ini.

kegagalan berkarier - Male IndonesiaPhoto by Duangphorn Wiriya on Unsplash

Menurut pepatah lama, pengalaman merupakan guru terbaik yang bisa membimbing kehidupan Anda nantinya. Terlepas apakah pengalaman itu sifatnya baik atau buruk. Pertanyaannya, haruskah Anda depresi berkepanjangan setelah mengalami kegagalan berkarier? No way!

Anda perlu yakin pada kemampuan dan seberapa besar niat Anda mengejar impian. Termasuk belajar dari pengalaman itu sendiri. Lalu apa saja sih kegagalan berkarier yang memudahkan Anda sukses? Intip penjelasan di bawah ini.

Menerima Tawaran Pekerjaan Pertama
Pertama kali menerima tawaran pekerjaan, bisa saja bukan di bidang yang Anda inginkan. Seiring waktu, Anda mulai belajar banyak hal, dari bagaimana mengatur dan cara mendapatkan uang, menghargai kesempatan bekerja dan sebagainya. Misalnya Anda tidak bertahan lama di kantor pertama, itu wajar-wajar saja. Tapi ingat, apa saja yang sudah Anda lalui selama berada di kantor tersebut.

Mengejar Jenjang yang Keliru
Dalam mengejar mimpi, Anda harus tahu betul apa impian Anda secara rinci. Mustahil bisa sukses tanpa mengerti cara mencapainya. Itu berpengaruh terhadap jalur karier Anda ke depan. Semakin lihai Anda memilah, maka semakin jelas tujuannya.

Memang tidak mudah dan perlu waktu lama. Namun sisi positifnya, Anda menikmati tiap proses guna menjadi pribadi lebih baik, dimana Anda tidak akan memperolehnya pada kesempatan lain.

Bekerja di Perusahaan yang Puruk
Kerasnya persaingan di dunia kerja membuat sebagian orang terjebak pada pola pikir “bekerja di mana saja tidak masalah, asalkan dapat uang”. Sehingga, Anda menemui hal-hal kurang menyenangkan.

Contohnya, perusahaan yang tidak memperhatikan kesejahteraan karyawannya atau menempatkan Anda di sembarang posisi. Jadikan itu sebagai pengalaman dan alasan untuk memperbaiki kegagalan karier Anda di masa mendatang.

Diberhentikan Alias Dipecat
Dipecat memang merupakan pengalaman pahit. Akan tetapi, Anda harus tetap mengambil sisi baiknya. Pemutusan hubungan kerja bukan berarti karier Anda terhenti begitu saja.

Lihat saja Walt Disney dan Steve Jobs. Mereka pernah merasakan pedihnya dipecat dari perusahaan tempat mereka bekerja sebelum sukses dan dikenal orang seperti sekarang. Anda akan sadar, masih banyak hal patut dipelajari dan dipahami.

Intinya, percaya diri dan pantang menyerah demi mengalahkan segala rintangan. Kesalahan tidak perlu direnungkan berlarut-larut, yang penting Anda segera berbenah. [GP]

SHARE