Efisien, Bersihkan Telinga Dengan Cara yang Benar | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Efisien, Bersihkan Telinga Dengan Cara yang Benar
Sopan Sopian | Looks

Membersihkan telinga adalah hal yang jarang dilakukan pria. Mungkin jika sudah terasa tidak enak, baru sadar akan kebersihan di bagian pendengaran ini. Padahal penting setiap beberapa kali dalam seminggu Anda harus membersihkan bagian ini.

male indonesia bersih telinga
pexels.com

Wanita bisa melihat hal paling detil. Begitupun bagian telinga. Namun, dalam hal membersihkan telinga, masih banyak yang menggunakan cotton bud. Karena mungkin itu adalah salah satu alat yang paling praktis. Sebenarnya membersihkan telinga Anda tidak memerlukan kapas sama sekali, dan hampir tidak ada profesional medis yang merekomendasikannya. Berikut cara membersihkan telinga Anda dengan benar.

1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan telinga adalah membasahi kain lembut dengan air hangat. Setelah itu, Anda kemudian membersihkan bagian luar telinga Anda dengan lembut. Selanjutnya bersihkan dengan handuk kering.

2. Anda juga bisa membersihkan telingan dengan pipet mata (Anda bisa mendapatkannya di apotek), yang ditetasi hidrogen peroksida atau minyak bayi. "Ini memberikan pelumasan dan membantu melonggarkan atau melunakkan pembentukan lilin (kotoran telinga)," kata Sarah Brown, MD, seorang dokter di Cleveland, Ohio, seperti mengutip laman mensjurnal.

3. Miringkan kepala Anda sehingga satu telinga menghadap langit-langit. Sambil menjatuhkan pipet tepat di pintu masuk, berikan empat atau lima tetes ke telinga Anda.

4. Tekan dengan lembut tulang rawan segitiga di bagian luar saluran telinga Anda dan perlahan-lahan memijatnya dalam lingkaran. “Gerakan ini akan membantu memastikan bahwa tetesan tersebut bersentuhan dengan semua permukaan di dalam telinga Anda,” kata Dr. Brown. Kembalikan kepala Anda ke posisi netral dan biarkan larutan duduk di telinga Anda selama 10 menit.

5. Isi kembali pipet dengan air hangat, lalu perlahan-lahan masukkan cairan ke telinga Anda. Ini akan mengeluarkan lilin yang copot. Miringkan kepala Anda ke sisi yang berlawanan untuk mengalir. Ulangi di telinga Anda yang lain.

Bagaimana jika hasil pembersihan Anda tidak mengandung lilin? "Kebanyakan telinga secara alami larut dan menghilangkan kotoran saat terbentuk, jadi kemungkinan telinga Anda baik-baik saja," kata Dr. Brown. ** (SS)

SHARE