Kasus Cyber Bullying, Segera Ambil Tindakan! - Male Indonesia
Kasus Cyber Bullying, Segera Ambil Tindakan!
MALE ID | Digital Life

Kecanggihan teknologi dapat membuat seseorang rentan mengalami kasus cyber bullying. Sejak beberapa tahun terakhir, kasus cyber bullying cukup marak diberitakan di berbagai media. Bahkan tak jarang, hal tersebut berujung pada kematian korban yang bunuh diri akibat mengalami depresi. Mayoritas dari korbannya adalah anak-anak hingga remaja.

kasus cyber bullying

pixabay.com

Di beberapa negara maju, cyber bullying menjadi salah satu subyek yang mendapat perhatian khusus dari para orangtua dan guru. Mereka cemas bila anak-anak yang kerap berselancar di dunia maya menjadi korban dari aksi tak bertanggung jawab ini. Beredar juga kabar, bahwa lebih dari sepertiga remaja di Amerika Serikat telah menjadi korban cyber bullying.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan. Namun alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu cyber bullying.

Apa itu cyber bullying?
Pada dasarnya, cyber bullying adalah bentuk penyalahgunaan teknologi yang dimanfaatkan untuk menebar ancaman, ketakutan maupun mengintimidasi orang lain.

Menurut Andrew Mellor, Psikolog:
"Cyber bullying adalah kekerasan yang terjadi di Internet, melalui sarana teknologi. Hal ini kerap terjadi secara verbal atau kata-kata yang menyakiti korbannya".

Cyber bullying biasanya memanfaatkan pesan SMS, Instant Messaging (Whatsapp, BBm), Situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, Instagram) atau halaman web. Disamping itu cyber bullying dapat pula berupa informasi atau video pribadi yang digunakan untuk menyakiti orang lain.

Keabsahan cyber bullying dilihat berdasarkan usia korban dan pelakunya. Bila pelaku dan korban masih di bawah umur 18 tahun, maka kasus tersebut dinamakan cyber bullying. Sedangkan bila salah satu pihak atau keduanya sudah berusia >18 tahun, maka kasus kekerasan yang terjadi dikategorikan sebagai cyber crime.

Ketika anda atau seseorang yang anda ketahui sedang mengalami kasus tersebut, maka tidak ada alasan bagi anda untuk duduk terdiam. Langkah - langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Keep calm dan jangan panik. Bila anda menerima pesan singkat bernada ancaman ataupun intimidasi dari seseorang yang tidak anda kenal, tetaplah tenang dan jangan panik. Kepanikan membuat pelaku kasus cyber bullying lebih leluasa menjalankan aksinya.
  1. Jangan memberi respon. Para pelaku sengaja menunggu reaksi anda. Acuhkan aksi pelaku supaya mereka tidak merasa diperhatikan.
  1. Beritahukan kepada orang terdekat. Beritahukan kepada orangtua dan guru mengenai hal yang anda alami. Jangan lupa untuk meminta bantuan mereka untuk mengidentifikasi pelaku.
  1. Bertatap muka secara langsung. Hal ini berlaku apabila pelakunya merupakan teman atau orang yang anda kenal. Bicarakan baik - baik bahwa apa yang dia lakukan tidak benar.
  1. Last but not least, yaitu simpanlah bukti cyber bullying dan laporkan kepada pihak berwajib. Hal ini diyakini sebagai cara terampuh untuk menghentikan aksi pelaku.
Pada dasarnya, kita dianjurkan untuk tidak tergesa - gesa dalam mengambil suatu keputusan. Tetaplah berkepala dingin agar kita tidak terjebak dalam keputusasaan dan berakhir dengan sia - sia.**GP

 

SHARE