Selebriti Tangguh Dunia, Berjuang Melawan Lupus - Male Indonesia
Selebriti Tangguh Dunia, Berjuang Melawan Lupus
MALE ID | News

Meski penyakit Lupus hanya menyerang pria sekitar 10 persen dari total pengidap Lupus, namun tetap perlu diwaspadai, karena selalu ada pria yang kena Lupus. Penyakit lupus adalah penyakit autoimun dan dikenal dengan istilah penyakit seribu wajah karena memiliki variasi gambaran klinis yang luas. Selain itu, penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti.

Namun, penyakit Lupus bisa terjadi karena faktor genetik, imunologi, dan lingkungan. Bahayanya, penyakit Lupus menyerang sistem imun tubuh. Sistem imum tubuh yang seharusnya menyerang virus dan bakteri jahat menjadi hilang kendali dan mulai menyerang jaringan lain di dalam tubuh.
Dari sekian banyak yang terkena penyakit Lupus, berikut ada selebritas yang berjuang hidup dengan penyakit Lupus. 

Nick Cannon

FOTO: MyCanon/wikipedia

Rapper, aktor, komedian, screenwriter, produser, dan entrepreneur, sekaligus mantan suami Mariah Carey ini sudah didiagnosa menderita penyakit lupus sejak 2012 lalu. Di mana pengalamn pertamanya mengalami gejala penyakit ini ialah gagal ginjal dan adanya pembekuan darah di paru-parunya.

Mengalami kejadian tersebut, Nick menuturkan kepada Huffpost pada 2016 kemarin, dirinya pun merasa sangat takut terlebih dirinya tidak pernah mendengar tentang penyakit lupus, sampai saat ia didiagnosa penyakit tersebut. Namun, Nick menyebutkan bahwa kondisi kesehatannya kini sudah lebih sehat daripada sebelumnya.

Seal


FOTO: Eva Rinaldi/flickr

Seal, penyanyi sekaligus pencipta lagu dari Inggris ini diketahui didiagnosa penyakit lupus dengan tipe yang lebih spesifik lagi yang bernama discoid lupus erythematous, sejak dirinya berusia 23 tahun.  Seal pun termasuk dalam artis yang tidak terlalu terbuka soal penyakit yang ia derita ini. Seal lebih sering bicara bagaimana musik dan seni sangat berarti bagi dirinya untuk melewati masa-masa di mana ia merasa sulit dan menderita.

Lady Gaga


FOTO: CityMorgue/wikipedia

Seperti Seal, penyanyi Lady Gaga disebutkan tidak pernah menunjukkan gejala-gejala bahwa dirinya sudah mengidap penyakit lupus sejak 2010. Pada sesi wawancara dengan Larry King kala itu, mengingat ia merupakan penderita lupus, Gaga mengatakan bahwa ia harus sangat menjaga mengurus kesehatan dirinya dengan baik.

Toni Braxton

FOTO: MyCanon/wikipedia

Penyanyi peraih Grammy Award, Toni Braxton disebutkan sudah terbuka bahwa dirinya menderita dan berjuang melawan penyakit lupus ini sejak 2011 lalu. Dalam wawancara dengan Huffpost Live pada 2015 silam, ia menceritakan penyakit lupus ini terkadang membuat dirinya tidak berdaya karena harus beristirahat di tempat tidur sepanjang hari sekaligus merasa terkena flu setiap harinya.

Walaupun cukup sering menginap di rumah sakit atau mengambil waktu untuk istirahat di rumah, Toni mengaku tidak mau membiarkan dirinya sampai membatalkan suatu acara hanya karena penyakit lupus. ** (SS)

SHARE