Tips Mendaki Gunung Dengan Teman Terbaik Manusia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tips Mendaki Gunung Dengan Teman Terbaik Manusia
Sopan Sopian | Relax

Mendaki bersama anjing adalah hal luar biasa yang bisa Anda lakukan. Anda bisa bercengkrama lebih dalam dengan hewan peliharan kesayangan. Karena, ketika Anda mendaki bersama anjing Anda, tidak hanya bermanfaat untuk Anda. Ternyata memiliki manfaat juga untuk anjing yang Anda bawa.

Mendaki bersama anjing - male IndonesiaPhoto by Anastasia Petrova on Unsplash

Ada pepatah, 'anjing yang lelah adalah anjing yang baik'. Seperti mengutip laman mensjournal, dokter hewan Laura O'Sullivan, VMD, sangat setuju akan hal itu.  “Saya suka ketika saya melihat orang-orang keluar di jalan dengan anjing mereka. Ini baik untuk anjing, dan baik juga untuk orang yang membawanya," ucapnya.

Meski begitu O'Sullvian mengatakan banyak orang yang salah ketika mengajak anjingnya pergi naik gunugn atau hiking. Untuk itu, agar terhindari dari kesalahan umum. Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum Anda pergi keluar ke alam terbuka dengan anjing Anda.

Memahami Keturunan Anjing Anda
Hampir setiap anjing dapat mendaki setidaknya satu mil. Ada beberapa keturunan Anjing yang cocok untuk dibawa mendaki daripada yang lain. Ketika Anda memiliki anjing dari Dachshund, lebih baik jangan dibawa mendaki. Karena jenis anjing ini tidak bisa melakukan kegiatan berlebihan atau menaiki ketinggian.

Menurut Mary Burch, PhD jika Anda ingin mendaki dan pendakian memiliki cuaca dingin, lebih baik pergi bersama Maltese, Yorkshire terrier, dan Chihuahua, serta jenis anjing breed. Namun, ketika cuaca begitu panas. Jangan sesekali membawa breed.

“Beberapa breed dapat dengan mudah kepanasan, jadi untuk hiking musim panas di iklim yang hangat, breed seperti Pekingese, bulldog, dan pug akan lebih senang menunggu Anda di kamar hotel ber-AC,” ucap Bruch.

Pelajari Batas Kemampuan Anjing Anda
Ketika Anda ingin membawa anjing yang Anda miliki untuk naik gunung atau hiking. Anda lebih dahulu memahami bahwa anjing Anda adalah seorang individu dan perilakukanya. Kenali kebugaran fisiknya untuk menentukan bagaimana ia bisa tampil di jalan saat hiking.  Mulailah dengan petualangan singkat dan lanjutkan perjalanan Anda menuju perjalanan yang lebih panjang.

Ketahui Empat Perintah Ini
Jika Anda tidak pernah merencanakan untuk melepaskan tali pengikat anjing. Anda perlu menanggapi beberapa instruksi dasar sebelum meninggalkan rumah. Perintah seperti "duduk," "tetap" dan "berbaring" sangat penting. Perintah-perintah ini sangat diperlukan ketika Anda berhenti jika Anda harus mengikat tali sepatu.

Perintah selanjutnya adalah "meninggalkan atau meminta untuk pergi". Hal ini agar anjing Anda dapat meninggalkan sesuatu yang ditemui di jalan seperti menemukan bangkai, atau benda menjijikan lainnya yang tidak bisa ditolak oleh anjing saat hiking bersama Anda.

Ketika respon perintah itu sudah baik, Anda bisa melepaskan kendali dari tali yang ada dilehernya. Untuk menyempurnakan keterampilan ini, Katherine Miller, PhD, seorang behavioris anjing dan direktur di ASPCA menyarankan Anda berlatih dengan, “camilan" yang disukai anjing Anda.

Miller juga menyarankan Anda memilih kata-kata perintah yang dapat diingat oleh anjing Anda. karena anjing tidak akan mendengarnya setiap hari. 

Ikuti Aturan
Tidak semua taman nasional ramah untuk anjing. Lebih baik tahan hewan peliharan Anda untuk membiarkan anjing Anda bebas berlarian. Karena bisa saja di taman nasional terdapat harimau dan binatang buas atau predator lainnya yang bisa memangsa anjing kesayangan Anda. Meski taman nasional mengizinkan Anda untuk membawa anjing. Anda tetap harus mengikuti peraturan pendakian. 

Perhatikan Apa yang Anjing Anda Makan
Membawa anjing Anda dengan tali juga mengurangi kemungkinan menemukan dan memakan sesuatu yang berbahaya, seperti bangkai hewan. Namun, jika hal ini terjadi, dokter hewan O'Sullivan menyarankan Anda meluangkan beberapa menit untuk mencoba dan mencari tahu apa yang dimakan anjing Anda.

“Jika itu adalah bangkai rusa atau sesuatu seperti itu, cukup awasi mereka untuk tanda-tanda gangguan GI. Jika bisa membawa rabies, seperti rakun, Anda harus memanggil otoritas kontrol hewan setempat," kata O'Sullivan.

Memiliki Rencana Darurat
Anda harus selalu memiliki kotak pertolongan pertama untuk anjing Anda. Di mana di dalamnya Anda juga harus menambahkan barang-barang utama termasuk dosis antihistamin yang tepat untuk gigitan dan sengatan serangga. Selain itu juga, Anda perlu membawa larutan bubuk obat penahan darah, yang dapat menghentikan pendarahan pada luka ringan.

Jangan Sampai Anjing Anda Terhidrasi
Heat stroke adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan hiking yang paling umum untuk anjing. Selalu bawa air untuk anjing Anda dan tawarkan kapan saja Anda merasa haus. Anjing dapat minum dari aliran bersih pegunungan sebagai pilihan terakhir. 

Tetapi jagalah mereka dari cara minum air berdiri. Anjing, seperti manusia, rentan terhadap giardia dan leptospirosis. Ketika Anda pulang ke rumah, pantau asupan air anjing Anda. Jika beberapa jam setelah mendaki anjing Anda masih terengah-engah, pertimbangkan untuk mengambil suhunya. ** (SS)

SHARE