Susah Cari Kerja? Coba Bisnis Tanpa Biaya Ini - Male Indonesia
Susah Cari Kerja? Coba Bisnis Tanpa Biaya Ini
MALE ID | Works

Berbicara bisnis tanpa biaya bagi sebagian orang mungkin akan di luar logika. Karena, bagi mereka seseorang yang ingin berbisnis tentu berkaitan dengan modal. Maka dari itu tidak sedikit pula orang yang enggan berbisbis karena tingginya modal yang harus dipersiapkan.

bisnis tanpa biaya - Male Indonesiapixabay.com

Jika berpikir di era digital seperti ini. Bisnis tanpa biaya sebenarnya bisa saja terlaksana. Apalagi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Stres dan bingung akan melanda, karena keuangan sudah habis untuk memenuhi kebutuhan persyaratan kerja. 

Jika peka dan dapat memanfaatkan era digital yang terus berkembang seperti sekarang ini. Tentu keuangan untuk modal persyaratan kerja bisa dialihkan menjadi modal minim atau bahkan hanya sekadar untuk modal kuota internet. Sehingga bisnis tanpa biaya bisa terlaksana. Hanya tinggal kemauan dan kesabaran saja. Lalu bisnis seperti apa yang dimaksud?

Usaha Dropship
Usaha dropship adalah jenis usaha di mana Anda menjual barang atas nama Anda. Tetapi barang yang Anda jual milik pihak lain. Dropship berbeda dengan reseller. Jika Reseller Anda harus membeli barang lebih dahulu, jika dropsip, Anda menjual barang orang lain tanpa harus membelinya lebih dahulu.

Misalnya, Anda memberitahu teman bahwa Anda menjual jaket. Ketika teman Anda berminat untuk membeli jaket yang Anda jual, ia akan membayar sejumlah uang kepada Anda. Kemudian, Anda baru membeli jaket secara online dari pihak lain dan mereka akan mengirimkan jaketnya ke teman Anda. Tentunya, harga yang Anda tentukan bakalan lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya supaya memperoleh keuntungan.

Dengan maraknya e-commerce, Anda bisa melakukan jenis bisnis ini. Anda bisa bekerja sama dengan para penjual online itu untuk menawarkan jasa Anda sebagai dropshiper. Biasanya para penjual online tidak keberatan untuk penawaran tersebut.

Menjadi Freelancer
Menjual jasa juga dapat menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang menguntungkan. Tergantung kemampuan Anda. Karena Anda bisa menawarkan jasa untuk sejumlah bayaran. Misalnya, suka menulis? Anda bisa jadi penulis lepas. Suka coding? Programmer lepas bisa menjadi pilihan. Apapun kemampuan yang Anda banggakan, Anda dapat mengubahnya menjadi sumber pendapatan.

Untuk meningkatkan kemungkinan orang-orang menggunakan jasa Anda, Anda dapat menggunakan website khusus pencari freelancer. Di Indonesia ada situs Sribulancer untuk mereka para freelancer. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dalam grup-grup freelancer di berbagai media sosial atau bahkan bisa menawarkan diri melalui media sosial yang Anda miliki. Jika Anda baru memulai, sebaiknya mulai dulu dengan pekerjaan-pekerjaan sederhana dengan bayaran yang tidak terlalu tinggi.

Jasa Konsultasi
Merasa jago di sebuah bidang? Ini saatnya menjual kahlian Anda. Tidak perlu malu karena cara ini bisa menambah pundi-pundi pendapatan Anda. Contohnya Anda ahli dan mengerti mengenai SEO atau Search Engine Optimization, keahlian Anda ini bisa berharga mahal. Anda bisa menawarkan jasa konsultasi online Anda ini lewat berbagai channel.

Menjual Informasi atau Menjadi Blogger
Tidak hanya barang-barang fisik yang bisa dijual, informasi-informasi bermanfaat juga bisa. Melalui blog atau website, Anda dapat menjual berbagai informasi. Salah satu contohnya ialah menjual buku elektronik (e-book) yang Anda tulis mengenai suatu topik tertentu.

Dalam kasus ini, setelah Anda menulis, Anda dapat mengubah hasil tulisan Anda menjadi format PDF atau format lainnya supaya mudah diakses dan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak lain. Kemudian, Anda hanya perlu menampilkannya dalam website yang Anda miliki dan mempromosikannya. Jika ada yang tertarik, Anda tinggal mengirimkan file tersebut melalui e-mail kepada yang berminat. 

Setelah itu, ketika Anda sudah memiliki situs sendiri, Anda dapat menyertakan iklan dengan menggunakan Google AdSense. Dengan ini, Anda dapat mengubah hobi menulis Anda menjadi bisnis online tanpa modal yang sangat berpotensi. ** (SS)

SHARE