5 Piramida Kuno yang Belum Dikenal Secara Mendunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
5 Piramida Kuno yang Belum Dikenal Secara Mendunia
Sopan Sopian | Story

Piramida kuno di berbagai negara berikut ini memang kerap tidak terdengar namanya oleh sekian banyak orang. Banyak alasan mengapa orang-orang tidak mengenal piramida-piramida yang sebenarnya adalah aset sejarah dunia yang patut diketahui.

piramida kuno pixabay.com

Hal tersebut, karena memang lokasi yang tidak memungkin orang banyak untuk mengetahuinya, prasasti atau catatan lain yang minim untuk menguak sejarah dibaliknya, dan bisa juga karena telah hancur dan tertimbun tanah berabad-abad lamanya. Dan berikut beberapa piramida kuno yang belum pernah Anda dengar.

1. Piramida di Jantung Roma, Italia

Roma terkenal dengan arsitektur kuno seperti Colosseum, Pantheon, Pasar Trajan dan Forum Romawi untuk sekian lamanya. Namun dari itu semua tidak sering dikaitkan dengan adanya piramida. Padahal Roma memiliki piramida yang berusia 2.000 tahun dan berada tepat di jantung kota .

Piramida kuno ini bernama Piramida Cestius. Dengan tinggi 35 meter dan 30 meter di setiap sisinya berdiri tegak saat itu. Konon sejarahnya, piramida ini dibangun antara tahun 18 dan 12 SM di sepanjang Via Ostiensis, jalan penting di Roma kuno.

Dalam piramida ini terdapat ruang pemakaman barel-berkubah. Menurut prasasti, di sebelah timur dan barat sisi-sisi piramida, bersemayam tubuh seorang politisi Romawi yang dikenal sebagai Gayus Cestius Epulo. Bahkan, sebuah prasasti lainnya mengungkapkan bahwa bangunan piramida ini selesai hanya dengan waktu 330 hari.

2. Piramida Misterius dari Tenerife, Canary Islands

Tenerife di Kepulauan Canary terkenal sebagai tujuan wisata, tetapi tetapii tidak banyak wisatawan menyadari adanya piramida di sana. Piramida ini memang tidak dikenal dengan sebuah nama.

Piramida kuno tersebut dapat ditemukan di Guimar dan dikenal sebagai "Piramide de Guimar". Guimar adalah sebuah kota di selatan Tenerife. Piramida di Tenerife ini menyebabkan banyak kontroversi di kalangan akademisi. Penjelajah Norwegia Thor Heyerdahl berpendapat bahwa piramidadi Guimar ini dibangun oleh Guanches, Berber sebagai penduduk asli dari Kepulauan Canary yang bermigrasi ke sana sekitar 1.000 SM.

Pada tahun 1991, Juan Antonio Belmonte Avilés, Antonio Aparicio Juan, dan César Esteban López, tim peneliti dari Canary Institute of Astrophysics, menunjukkan bahwa sisi panjang dari beberapa teras yang mengelilingi Piramida Guimar menandai arah musim dingin dan musim panas solstices.

3. Piramida Besar Cholula, Meksiko

Meskipun diakui oleh Guinness Book of Records sebagai piramida terbesar di dunia dalam hal volume-nya, tidak banyak orang mendengar tentang Piramida Besar Cholula. Terletak di luar kota Puebla, piramida didedikasikan untuk Quetzalcoatl, salah satu dewa yang paling penting dari panteon Mesoamerika, dan selama masa pra-Kolombia.

Cholula adalah kota besar dan pusat agama dataran tinggi Meksiko. Pembangunan canti dini diketahui pada abad ke-2 SM. Sekitar 1100 AD, kota ini jatuh ke tangan Toltec-Chichimecas dan piramida itu ditinggalkan sebagai kuil-kuil.

Selama berabad-abad, piramida ini tertutup bumi sampai tahun sampai 1910, ketika pemerintah mulai pembangunan rumah sakit jiwa, barulah ditemukan yang pada waktu itu lebih dikenal sebagai 'bukit alami'.

4. Piramida Xian, Cina

Terdapat di Provinsi Shaanxi, dekat ibukota kuno Xian, tertutup seperti pegunungan, gundukan piramida ini sebenarnya adalah piramida terbesar di kota ini. Dan sedikit orang di luar China yang mengetahuinya. Konon piramida yang terlihat seperti gundukan ini adalah legenda dari 1.000 kaki putih.

Piramida ini disebut-sebut sebagai Piramida Permata-Capped. Ukurannya juga digadang-gadang sangat besar dan lebih cemerlang dari Piramida Agung Giza.

Buku harian agen Amerika yang melakukan perjalanan, yaitu Fred Meyer Schroder mengungkapkan, dia melihat piramida raksasa di kejauhan sambil berjalan dengan panduan biksu Buddha di Provinsi Shaanxi pada tahun 1912.

Schroder memperkirakan tinggi dari piramdia kuno itu sekitar 1.000 kaki dengan sisi 500 meter setidaknya 300 meter. Dimensi tersebut akan memberikan struktur volume sepuluh kali lebih besar dari Piramida Besar di Mesir.

Schroder percaya bahwa piramida itu berusia sekitar 3.000 tahun dengan informasi yang tercatat dalam dokumen biara kuno dalam legenda lokal.

5. Piramida Kota Caral, Peru

Peru memiliki peradaban kuno di Kota Caral. Sebuah kota metropolis berusia 5.000 tahun. Lengkap dengan praktek-praktek pertaniannya, budaya yang kaya, dan arsitektur monumental. Selain itu ada pula kuil, amfiteater, cekung plaza melingkar, daerah pemukiman dan piramida.

Kota kuno ini pertama kali ditemukan pada tahun 1905 oleh arkeolog Jerman Max Uhle. Namun pada tahun 1970-an, arkeolog tersebut ada menyadari adanya kejanggalan pada bukit yang awalnya diidentifikasi sebagai formasi alam. Setelah diteliti, terenyata itu adalah sebuah piramida.

Pada 1990-an, barulah piramida yang ditemukan arkeolog itu dipugar dan terlihat. Selain itu ditemukan enam piramida lain yang telah terkubur di bawah tanah selama 5.000 tahun. **

SHARE