Menikmati Kebaragaman Flora & Fauna Gunung Rinjani - Male Indonesia
Menikmati Kebaragaman Flora & Fauna Gunung Rinjani
MALE ID | Relax

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) adalah salah satu ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan sabana yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bahkan Gunung Rinjani memiliki ragam flora dan fauna.

FOTO: wishknew/pixabay

selain itu, panorama keindahan Gunugn Rinjani pun mempuat para pendaki bermimpi untuk menginjakan kakinya di Gunung yang memiliki tinggi 3.726 meter di atas permukaan laut ini. Untuk bisa menikmati pemandangan alam di puncak Gunung Rinjani tidaklah mudah, anda harus menyiapkan fisik dan mental yang kuat. Sebab untuk sampai ke puncak Gunung Rinjani, anda harus melakukan pendakian lebih dari 4 kilometer. 

Ditambah medan yang cukup menantang dan perbukitan yang menjulang tinggi, diharapkan setiap orang yang mau menginjakan kaki di puncak Gunung Rinjani mempersiapkan mental dan fisik yang prima. Selain terkenal akan keindahan alamnya, Gunung Rinjani sangat akrab dengan cerita lokal yang menyatakan bahwa Gunung tersebut merupakan istana yang menjadi tempat bersemayam ratu jin yang bernama Dewi Anjani. 

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos Gunung Rinjani Lombok tersebut, wisata pegunungan yang satu ini menyimpan pesona alam yang eksotis dan mengagumkan. Karena Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tercantik di Indonesia yang namanya sudah tersohor hingga ke pelosok negeri bahkan dunia. 

FOTO: Trekking Rinjani/flickr

Kecantikan gunung ini tentu saja tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan Danau Segara Anak yang terletak pada ketinggian 2.008 m dpl. Tepian danau seluas 1.100 ha ini menjadi tempat favorit para pendaki untuk beristirahat. Para wisatawan atau pendaki bisa menghabiskan waktu berhari-hari untuk camping dan memancing di kawasan ini. Kecantikan Istana Dewi Anjani ini sempat diterbitkan oleh Bank Indonesia tahun 1998 menjadi penghias salah satu sisi mata uang pecahan Rp 10.000.

Gunung Rinjani juga mmeiliki keuinikan tersendiri jang menakjubkan. Hal itu karena Gunung Rinjani terletak di Zona transisi imajiner, Garis Walcea, yang memisahkan flora dan fauna menjadi dua bagian. Di tempat ini flora fauna tropis Asia bertemu dengan flora fauna khas Australia. Kijang, musang rinjani, burung penghisap madu, lutung budeng, trenggiling, merupakan contoh fauna yang bisa dijumpai di tempat ini. 

FOTO: Rosino/flickr

Gunung Rinjani juga diselimuti ekosistem hutan hujan pegunungan rendah, hutan hujan pegunungan tinggi, hingga sabana yang sangat luas berhiaskan edelweis. Karena itu Rinjani juga dikenal sebagai gunung dengan trek pendakian bintang 5 karena heterogenitas ekosistemnya.

Selain merupakan tempat bertemunya Garis Walacea, Gunung rinjani pum sarat akan budaya. Danau Segara Anak menjadi tempat yang disakralkan oleh mereka sehingga kadang digunakan sebagai tempat berdoa pada malam purnama oleh umat Watu Telu atau tempat melarung persembahan oleh umat Hindu Lombok. Meski memiliki tradisi yang berbeda, namun dua kelompok masyakarat tersebut hidup dengan cinta dan memegang teguh filosofi persaudaraan. ** (SS)

SHARE