Cermat Memilih Olahraga Bagi Anda yang Gemuk | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Cermat Memilih Olahraga Bagi Anda yang Gemuk
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Orang yang bertubuh gemuk, tidak harus berolahraga seperti orang yang memiliki tubuh ideal. Artinya, tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh orang dengan ukuran badan big size. Karena hal itu tentu memiliki alasan sendiri.

bertubuh gemuk - Male IndonesiaPhoto by Geert Pieters on Unsplash

Namun, Dr. Ade Jeanne L Tobing, dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga mengatakan bahwa, ada baiknya orang bertubuh gemuk menghindari olahraga seperti lari. Pasalnya, ketika itu dilakukan memiliki bahaya pada lutut. “Jika lari atau jogging, Anda akan mengalami fase melayang. Waktu tersebut dapat membuta berat badan naik hingga delapan kali lebih besar,” tuturnya.

Seseorang dengan berat badan 60 kilogram, kata Ade, ketika jogging, berat tubuh menjadi 480 kg. Alhasil hal itu sangat berbahaya bagi lutut orang tersebut. “Jadi, tidak dianjurkan orang-orang gendut untuk berlari (jogging),” tambahnya. 

Kemudian, untuk menjaga mobilitas dan kesehatan tubuh atau menurunkan berat badan yang dimiliki oleh orang bertubuh gemuk, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan?

Berjalan Cepat
Berjalan cepat memang bisa menjadi solusi untuk Anda yang bertubuh gemuk. Jika Anda merasa malas, lakukanlah bersama teman Anda. Jika rasa malu menghantui, maka berjalan naik turun tangga secara teratur juga bisa Anda lakukan di dalam rumah. Dan agar lebih maksimal, Anda harus melakukan olahraga berjalan cepat ini secara rutin minimal tiga kali dalam satu minggu.

Senam Ringan
Dengan gerakan tubuh yang terbatas karena tubuh yang gemuk, maka olahraga senam ringan akan sangat cocok. Sebab senam ringan ini tidak akan membuat Anda harus berlompatan dan juga melakukan gerakan yang tiba-tiba menghentak. Bila masih kesulitan melakukan beberapa gerakan senam ringan, maka bisa meminta bantuan dan bimbingan dari instruktur.

Bersepeda
Pilihan olahraga lain untuk yang bertubuh gemuk yaitu bersepeda. Dengan memanfaatkan sepeda yang ada, Anda bisa mengayuh sepeda mengelilingi komplek atau kota. Bersepeda tentu tidak akan sulit bagi siapapun termasuk bagi yang bertubuh besar, karena gerakan mengayuh sepeda ini tidak terlalu rumit. 

Dengen bersepeda sekitar 30 mneit tanpa berhenti maka akan mampu membakar kalori sekitar 229 kalori. "Dengan bersepeda, berat tubuh ada di bokong kita. Jadi tidak bermasalah untuk orang bertubuh gemuk," tutupnya.

Aerobik air atau Akuarobik
Dengan melakukan aerobik air atau akuarobik, maka berat tubuh akan terasa lebih ringan. Dengan demikian maka gerakan pada akuarobik, Anda yang bertubuh gemuk tidak akan merasakan kesulitan atau juga mengalami cidera. Olahraga akuarobik sendiri akan mampu membakar lemak dalam tubuh. 

Ini dikarenakan akuarobik merupakan olahraga kardiovaskular. Selain mampu membakar lemak, olahraga yang bisa dilakukan di gym dan di kolam renang rumah sendiri juga bisa menjaga kesehatan jantung. "Di Eropa, orangnya gede-gede. Di sana banyak yang melakukan akuarobik," tutur Ade.

Latihan Bola
Jika Anda tidak punya banyak waktu pergi ke gym maka Anda bisa membeli bola latihan untuk olahraga di rumah. Dengan menggunakan bola latihan Anda bisa melakukan sit-up, sit-up perutdan latihan ketahanan yang mudah dijalankan. Sebab bila menggunakan mesin ab maka Anda yang bertubuh gemuk akan sulit melakukan gerakan sit-up perut.

Latihan Fungsional
Selanjutnya, olahraga yang cocok untuk yang memiliki tubuh gemuk adalah latihan fungsional yang sederhana. Umumnya orang gemuk kesulitan bergerak leluasa karena kelebihan berat badan. Nah untuk itu lakukan latihan fungsional ini dengan cara menggerakkan badan dari keadaan duduk dari kursi untuk kemudian bangkit dan berdiri secara berulang-ulang.

Bila Anda rutin melakukan gerakan ini maka lemak ditubuh akan bisa terbakar. Tidak hanya itu gerakan yang mampu melatih otot stabilizer ini akan mampu membuat tubuh lebih seimbang dan oto menjadi lebih kuat.

Angkat Beban
Terakhir, olahraga yang cocok untuk yang berbadan besar alias bertubuh gemuk adalah angkat beban. Kegiatan olahraga angkat beban tentu tidak membutuhkan banyak gerakan. Anda hanya cukup menggerakkan tangan dengan kekuatan otot yang ada untuk menganggkat beban. 

Tentu untuk mendapatkan hasil terbaik yakni turunnya berat badan, Anda harus melakukan angkat beban ini secara rutin minimal 2 kali seminggu. Selain mendapatkan badan yang ideal, olahraga angkat beban juga bisa membuat otot-otot tubuh jadi terlihat. ** (SS)

SHARE