Teknik & Efek Negatif Sembunyikan Aplikasi Android | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Teknik & Efek Negatif Sembunyikan Aplikasi Android
Sopan Sopian | Digital Life

Di dalam smartphone, aplikasi Android ada saja yang tidak bisa dihapus dan cukup mengganggu, biasanya aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan yang sudah bekerja sama dengan pihak smartphone atau Android itu sendiri.

aplikasi Android - Male IndonesiaPhoto by Pathum Danthanarayana on Unsplash

Aplikasi Android bawaan yang tidak bisa dihapus itu, jika tidak hilang rasanya greget bukan? Ada cara untuk menghilangkannya. Anda hanya perlu menyemnbunyikannya. Untuk caranya sendiri ada beberapa versi, baik dari versi paling cepat dan versi yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Mana yang paling bagus? Itu tergantung kebutuhan Anda. Jika mengenakan aplikasi penyembunyi atau aplikasi pihak ketiga, tentunya Anda harus merelakan sebagaian memori smartphone Anda berkurang. Untuk menentukan mana cara menyembunyikan aplikasi di Android yang paling pas, Anda harus memahami setiap alternatif yang ada. 

Menyembunyikan Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga
Cara pertama menyembunyikan aplikasi android ini tidak lebih dari 10 menit. Sangat cepat. Bahkan tanpa aplikasi penyembunyi alias tanpa aplikasi pihak ketiga. Bagaimana caranya?

Anda buka aplikasi atau menu pengaturan, kemudian pilih "Applications". Selanjutnya klik "Applications Manager". Pilih tab "All" dan klik aplikasi apa saja yang ingin Anda sembunyikan. Jika sudah ditentukan, pilih "Disable".

Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android yang seperti ini, Anda sudah bisa menyembunyikan aplikasi yang Anda kehendaki. Untuk cara menyembunyikan aplikasi yang satu ini bisa dibilang cara menyembunyikan aplikasi Android yang paling dasar. Secara umum, setiap smartphone itu sudah dilengkapi dengan fitur penyembunyi aplikasi. Tinggal pintar-pintar memanfaatkannya saja.

Menyembunyikan dengan Aplikasi Pihak Ketiga
Salah satu kelebihan cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan aplikasi adalah Anda tidak perlu masuk kepengaturan sehingga hemat waktu. Ada banyak pilihan aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi tanpa root. Referensi soal aplikasi menyembunyikan aplikasi pun cukup beragam. 

Aplikasi AppLock
Ini salah satu aplikasi Android untuk menyembunyikan aplikasi lain yang paling direkomendasikan. Dengan aplikasi sembunyikan aplikasi ini, selain bisa menyembunyikan aplikasi, Anda juga bisa menyembunyikan berbagai data dan file pribadi lainnya.

Aplikasi PrivateMe
Ini dia salah satu cara menyembunyikan aplikasi di Android tanpa root. Anda bisa mengandalkan aplikasi PrivateMe untuk sembunyikan aplikasi Android yang Anda inginkan. Bahkan aplikasi ini diklaim cukup compatible untuk seri Android jadul. 

Aplikasi Apex Launcher
Aplikasi ini juga cukup diandalkan sebagai cara menyembunyikan aplikasi di Android yang praktis. Selain PrivateMe sebagai aplikasi penyembunyi aplikasi tanpa root, Apex Launcher bisa diandalkan sebagai aplikasi hidden aplikasi yang efektif. Setelah selesai meng-install aplikasi tersebut, Anda perlu memilih Apex Settings lalu memilih Drawer Settings. Baru pilih Hidden Apps untuk memilih dan menandai aplikasi apa saja yang ingin Anda sembunyikan.

Aplikasi Hide App
Ini dia aplikasi lain yang juga diandalkan dalam cara menyembunyikan aplikasi Android yang paling simpel. Kalau sudah punya aplikasi ini, cara hidden aplikasi di Android dan menyembunyikan game jadi lebih mudah. Saat menggunakan aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi ini, Anda juga bisa membuat password. Caranya tinggal pilih “Setting” kemudian klik “On” pada PIN Protection. Menggunakan kode atau PIN khusus bisa memberi perlindungan lebih dalam cara menyembunyikan aplikasi di Android yang efektif.

Efek Negatif Sembunyikan Aplikasi Android
Ada satu hal yang perlu Anda ingat dalam cara menyembunyikan aplikasi Android yang menggunakan aplikasi penyembunyi. Salah satu kelemahan menggunakan aplikasi peluncur pihak ketiga adalah membuat kinerja smartphone Anda jadi lebih lambat. 

Menggunakan tambahan launcher yang bisa menyembunyikan aplikasi juga pastinya berpengaruh pada kapasitas memori yang Anda punya. Jadi kalau Anda memilih cara menyembunyikan aplikasi di Android yang menggunakan aplikasi tambahan, sebaiknya pastikan smartphone memiliki kapasitas memori yang cukup. Tapi sebenarnya hal ini tak perlu dirisaukan, sebab sudah ada banyak smartphone yang dilengkapi fitur keamanan dan mempermudah dalam proses cara menyembunyikan aplikasi di Android. ** (SS)

SHARE