Luar Biasa! Musisi Beken ini Bergelar Doktor | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Luar Biasa! Musisi Beken ini Bergelar Doktor
Gading Perkasa | News

Menjadi musisi beken atau sering disebut rockstar dengan nama besar di panggung dunia tentu tidak lepas dari segudang prestasi. Entah di dalam ataupun di luar dunia musik yang digeluti bersama band mereka.

Hal itu juga berlaku di bidang akademis. Ternyata, banyak sekali musisi beken yang peduli dengan pendidikan mereka. Mulai dari melanjutkan ke jenjang S2 bahkan S3, intinya mereka layak mendapatkan acungan jempol.

Apakah MALEnials sudah penasaran siapa saja musisi beken bergelar doktor yang dimaksud? Baiklah, tanpa berlarut-larut lagi, segera simak penjelasan di bawah ini.

Dexter Holland (The Offsprings)

Richard Abrahamson/wikipedia

Dexter Holland merupakan vokalis dan gitaris dari band beraliran punk, The Offsprings. Pada 2017 lalu, ia resmi meraih gelar Ph. D di University of Southern California, Amerika untuk bidang biologi molekular.

Disertasinya setebal 175 halaman, berjudul Discovery of Mature MicroRNA Sequences within the Protein-Coding Regions of Global HIV-1 Genomes: Predictions of Novel Mechanisms for Viral Infection and Pathogenicity. Secara garis besar, disertasi tersebut mengupas dinamika molekular HIV dan interaksi umum virus-semang.

Brian May (Queen)

pexels

Brian May, musisi beken yang sukses di dunia musik maupun pendidikan. Bersama Queen, ia adalah legenda. Sementara di dunia pendidikan, Brian berhasil menyelesaikan studi di Imperial College London - salah satu universitas bergengsi di Inggris - dan memperoleh gelar Ph. D dalam bidang astronomi di tahun 2007.

Judul disertasinya A Survey of Radial Velocities in the Zodiacal Dust Cloud. Di samping itu, ia juga pernah menjadi rektor di Liverpool John Moores University, dari tahun 2008-2013.

Greg Graffin (Bad Religion)

Alterna2/wikipedia

Di tahun 1979, Greg Graffin dan beberapa temannya di sekolah membuat band bergenre punk rock bernama Bad Religion. Kini, band itu sudah melegenda di kalangan penikmat musik.

Terkait bidang pendidikan, ia pantas bangga akan prestasinya. Sebab, ia lulus dari Cornell University dan bergelar Ph.D. di bidang zoology alias ilmu hewan. Disertasi miliknya berjudul Evolution, Monism, Atheism, and the Naturalist World-View: Perspectives from Evolutionary Biology.

Milo Aukerman (The Descendants)

IllaZilla/wikipedia

Milo Aukerman merupakan vokalis The Descendants, band beraliran punk. Ia tidak cuma garang di atas panggung, melainkan juga di dunia pendidikan. Kendati lirik-lirik lagunya menceritakan hal aneh, ia memperoleh gelar doktor di bidang biologi dari UC San Diego dan Ph. D dalam biokimia dari University of Wisconsin-Madison. Dua gelar sekaligus! [GP]

SHARE