Sosok Pembawa Nuansa Baru Musik Reggae | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sosok Pembawa Nuansa Baru Musik Reggae
Gading Perkasa | News

Pada 11 Mei 1981 lalu, legenda musik reggae dunia, Robert Nesta Marley atau lebih dikenal Bob Marley meninggal dunia. Ia menghembuskan napas terakhirnya di usia 36 tahun di Cedars of Lebanon Hospital, Miami, usai beberapa lama berjuang melawan melanoma --penyakit kulit serius yang menjadi sel kanker, menyebar ke paru-paru dan otaknya.

elizabeth cacho/flickr

Seluruh dunia, khususnya warga Jamaika, keluarga dan penikmat musik reggae merasa sangat kehilangan atas kepergian sosok berambut gimbal ini. Bahkan, upacara pemakamannya pun dibuat selayaknya penguburan seorang raja.

Ia meninggalkan 11 orang anak, sebagian sukses berkarya sebagai musisi. Salah satunya yaitu Damian Marley. Damian adalah anak bungsu pasangan Bob Marley dan Cindy Breakspeare, mantan Miss World 1976 sekaligus musisi jazz yang cantik jelita.

Pertanyaannya, bagaimana sepak terjang Damian dalam industri musik dunia?

Damian Marley lahir pada 21 Juli 1978 di Kingston, Jamaika. Sejak kecil, ia menghabiskan masa kecilnya di sana. Menginjak dewasa, ia mulai menciptakan lagu dan perlahan-lahan mendulang kesuksesan.

 AlfredMoya.com/wikipedia

Waktu demi waktu, karier musiknya semakin melejit. Hal itu membuat namanya begitu santer terdengar di benua Amerika hingga Eropa. Sayangnya, di negara-negara benua Asia - khususnya Indonesia - rasanya baru para pecinta musik reggae dan hip-hop saja yang mengenal sosok Damian.

Sebagian orang kerap menyebutnya sebagai salah satu ikon di dunia raggamuffin. Memang, kemunculan Damian seolah membawa nuansa baru, yakni memadukan unsur reggae dengan hip-hop. Di samping itu, ia juga melakukan rap. Bedanya adalah, rap dalam raggamuffin yang disebut toasting memiliki penekanan agak sedikit berbeda dibandingkan rap pada hip-hop.

Banyak sekali karya yang telah dirilis The Next Bob Marley ini. Salah satu lagu terbarunya yaitu Affairs of The Heart yang dirilis awal tahun 2012 lalu. Dalam video klipnya, tampak Damian sedang dekat dengan seorang wanita penari dancehall. Keduanya memang dikabarkan menjalin hubungan. Karena aktivitas begitu padat, baik Damian maupun sang penari jarang bisa bertemu.

Karya lain ciptaannya yang bisa Anda nikmati antara lain Medication, Make it Bun Dem, Living it Up, Patience, Speak Life dan Welcome to Jamrock. Semua memiliki nuansa berbeda dibanding musik reggae “konvensional”.

Sekadar informasi, pada November 2017 kemarin, saudara Damian, Julian Marley baru saja melangsungkan konser di Indonesia bertajuk Jakarta Peace Concert. Lantas kapan Damian akan menghibur para dreadlock rasta di tanah air? [GP]

SHARE