Tak Kasat Mata, Bahaya Mengintai di Tempat Fitness | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Tak Kasat Mata, Bahaya Mengintai di Tempat Fitness
Gading Perkasa | Sex & Health

Tempat fitnes atau gym seharusnya cukup steril dari berbagai bakteri. Walau peluh tak terhindarkan, sebagai pengguna, kita tetap harus menjaga kebersihan. Setelah memakai peralatan, sudah sewajarnya kita sendiri yang membersihkannya.

tempat fitness- Male IndonesiaPhoto by Victor Freitas on Unsplash

Sayangnya, penelitian baru yang disampaikan Fit Rated telah menemukan bahwa banyak peralatan olahraga di tempat fitnes benar-benar penuh dengan bakteri. Bahkan, jumlahnya 362 kali lebih banyak daripada kamar mandi. Sungguh?

Memang tidak semua bakteri dikategorikan berbahaya. Namun 70% bakteri yang ditemukan di tempat fitnes dapat menyebabkan pneumonia dan septikemia, termasuk dari handuk senam.

Lebih parahnya lagi, baru-baru ini ditemukan kuman penyebab virus kulit baru yang disebut molluscum contagiosum. Merupakan ruam seperti jerawat --biasanya berwarna seperti daging atau kemerahan.

Virus kulit itu disebut sebagai satu-satunya anggota keluarga cacar yang masih menginfeksi manusia. Orang yang terkena virus akan memiliki ratusan ruam jerawat pada bagian tubuh, biasanya tumbuh di sekitar bahu atau organ vital.

Molluscum contagiosum menyebar dan menular melalui kontak kulit ke kulit lainnya, baik secara seksual maupun bukan. Berbagi handuk juga dapat menyebabkan virus menyebar. Jadi, virus ini bisa menyebar di tempat fitnes melalui cucian yang terkontaminasi,” ujar Adam Friedmann selaku ahli dermatologi konsultan di Klinik Dermatologi Harly Street, seperti dilansir Mirror UK.

Kendati Anda membawa handuk sendiri saat ke gym, Anda masih berpotensi tertular dari seseorang yang sudah terjangkit virus tersebut. Penularan mulai terjadi saat kulit Anda dan penderita saling bersentuhan.

Virus kulit baru ini tidak dapat dicegah apalagi disembuhkan. “Meskipun belum ada obatnya, Anda bisa mengandalkan kekebalan tubuh supaya tidak terjangkit virus dan membatasi diri,” kata Friedmann.

Apabila terjangkit, setidaknya Anda harus menunggu hingga sembilan bulan. NHS Gum Clinics mengatakan, banyak orang datang berpikir sudah terkena kutil kelamin. Padahal, mereka menderita molluscum contagiosum.

Saat Anda melihat jenis benjolan di sekitar selangkangan, segera periksakan ke dokter. Terlebih jika Anda khawatir terkontaminasi kuman atau tertular virus, selalu bawa sendiri handuk dan perlengkapan Anda ke gym.

Bersihkan peralatan sebelum menggunakannya dan hindari situasi di mana Anda bisa saling bersentuhan, terasa panas dan berkeringat. [GP]

SHARE