Kebiasaan Khas yang Terjadi di Bulan Ramadan | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Kebiasaan Khas yang Terjadi di Bulan Ramadan
Sopan Sopian | Story

Jelang Ramdan, banyak sekali yang harus dipersiapkan. Selain mental, kesehatan, dan keteguhan hati pun harus benar-benar disiapkan. Selain itu pula, masih banyak hal lain yang perlu dipersiapkan khususnya bagi mereka yang merayakannya. 

Jelang Ramadan - male IndonesiaPhoto by Ben Ostrower on Unsplash

Sudah seperti budaya, jelang Ramadhan, bagi mereka yang merayakannya khususnya di Indonesia, ada kebiasaan-kebiasaan yang tidak pernah terlewatkan. Jika terlewat, rasanya kurang afdol untuk merayakan bulan suci bagi umat muslim ini. Apa saja kebiasaan-kebiasaan jelang Ramadan yang biasa orang Indonesia lakukan itu?

1. Mengingat Leluhur
melalui momen Ramadan, ada kegiatan yang biasa dilakukan untuk sekaligus dijadikan waktu untuk saling berkumpul untuk mengingat leluhur yang telah lebih dulu meninggalkan keluarga tercinta.

2. Bermunculan Agenda Buka Bareng
Terkadang agenda buka bareng alias buka puasa bersama ini sudah ada sebelum bulan Ramadan sendiri tiba. Mungkin dari salah satu dari Anda sudah memili agenda bukber alias buka bareng. Baik itu sama alumni, sahabat, atau bahkan sama kekasih pujaan hati.

Terkadang, baru awal bulan Ramadan tiba, agenda bukber sudah ramai bermunculan di grup-grup WhatsApp. Sudah memasuki minggu kedua bulan Ramadan, baru Anda akan disibukan dengan agenda satu ini. Walau terkadang ada saja yang hanya sekadar wacana. Dari awal agenda, hingga lebaran tiba, ternyata agenda bukber tidak terlaksana.

3. Mulai Berbisnis Kuliner Dadakan
Disadari atau tidak, bulan Ramadan. Menjadikan makanan tampak lebih menggiurkan, apalagi sajian yang memang khas ada di bulan Ramadan saja. memanfaatkan kesempatan yang ada, terlihat banyak pengusaha dadakan yang berjualan cemilan atau sajian khas di bulan Ramadan.

4. Waktunya Merapihkan Rumah Lebih Maksimal
Membersihkan rumah memang aktivitas utin, tapi dengan intensitas akan adanya tamu yang lebih banyak di bulan Ramadan hingga di hari Raya. Kebersihan rumah yang dilakukan menjadi lebih detail, agar tamu merasa nyaman dan betah saat berkunjung untuk silaturahmi.

5. Gaya dan Tampilan Baru
 Bukan hanya tahun baru, bulan Ramadan dijadikan pula untuk berbenah diri untuk tampil lebih baik. Selain dari sisi karakter dan perilaku. Tidak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk memperlihatkan tampilan baru dan beda dari sebelumnya, yang semakin memungkinkan karena ditunjang dengan adanya dana segar tambahan seperti THR. **SS

 

SHARE