Jangan Asal Beli Gitar Listrik, Ini Alasannya | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Jangan Asal Beli Gitar Listrik, Ini Alasannya
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Membeli gitar listrik bagi pemula tidaklah mudah. Namun, jika hanya meliaht body guitar, tentu semua tampak bagus dan keren. Tetapi bermain musik bukan itu intinya. Tetapi nada yang dihasilkan oleh alat musik itu sendiri. Khususnya gitar.

gitar listrik - Male IndonesiaPhoto by Haley Powers on Unsplash

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda hendak membeli sebuah gitar listrik, misalnya seperti budget, kualitas, merk, dan yang lain sebagainya. Karena dari itu berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda ingin membeli gitar listrik.

Body atau Badan Gitar
Jika ingin membeli sebuah gitar listrik yang pertama perlu diperhatikan adalah fisiknya. Karena pada dasarnya sebelum melihat kualitasnya pasti akan melihat fisiknya terlebih dahulu. Maka pertama adalah tentukan badan atau body gitar listrik seperti apa yang sesuai dengan suara yang ingin Anda hasilkan. 

Di pasaran terdapat berbagai macam jenis badan gitar listrik misalnya Solid Body. Jika Anda ingin gitar yang pas dalam perspektif Sustain, penggunaan efek gitar, atau tingkat amplifikasi yang keras, maka yang Anda butuhkan adalah gitar dengan badan yang solid atau keras. 

Jika Anda ingin gitar yang menghasilkan akustik yang bagus dengan tingkat amplifikasi yang tinggi, maka Anda memerlukan gitar dengan badan yang semi hollow atau agak hampa. Dan apabila Anda menginginkan electric guitar yang mengasilkan Jazzy Sound atau bergaya jazz, maka Anda membutuhkan badan gitar yang hollow atau hampa.

Guitar Neck
Setelah Anda menemukan body guitar yang pas, langkah selanjutnya adalah sesuaikan guitar’s neck atau leher gitar dengan genggaman tangan Anda. Carilah gitar listrik yang bagian lehernya nyaman untuk dipegang dan tidak menimbulkan efek pegal di pergelangan tangan Anda.

Fretboard
Selanjutnya adalah perhatikan jarak antara fretboard dengan string pada gitar. Apabila Anda ingin gitar listrik yang mampu mencapai tangga nada yang tinggi, maka Anda harus memilih gitar listrik yang memiliki jarak antara fretboard dengan string-nya agak jauh. Karena semakin jauh jarak antara fret dengan string maka semakin tinggi pula nada dan pitch yang dapat dicapai gitar tersebut.

Jumlah Fret
Pemilihan jumlah fret juga tak kalah penting apabila Anda sering main dengan oktaf tinggi. Bila Anda sering memainkan oktaf tinggi pada saat melody, maka Anda membutuhkan gitar dengan fret 24. Namun, apabila Anda hanya memainkan rhythm guitar, maka Anda hanya memerlukan gitar dengan fret 22.

Pickup
Pickup sangatlah penting dalam artikulasi suara yang dihasilkan. Biasanya gitar listrik memiliki 2 pickup dimana pickup pertama, untuk menghasilkan suara yang lebih tebal. Sedangkan pickup kedua lebih cenderung kearah treble. Pemilihan 5 way selector switch akan membantu Anda dalam merubah suara yang akan dihasilkan.

Bridge
Jenis bridge juga memiliki peranan penting dalam suara yang ingin Anda hasilkan. Ada 2 jenis bridge yang sering Anda temukan pada gitar-gitar listrik, yang pertama adalah Tremolo Bridge. Disini Anda bisa melakukan bending pada semua string secara bersamaan. Tapi dapat berefek pada tali gitar yang keluar dari nada akan fals atau out of tune.

Jenis bridge kedua adalah stoptail bridge dimana Anda akan merasa aman dengan setiap tune yang Anda mainkan karena nada yang Anda inginkan tidak akan keluar dari jalur. Dengan jenis bridge terakhir ini Anda bisa menghasilkan suara yang lebih sustain.

Wood
Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah pemilihan wood atau kayu yang dipakai untuk gitar listrik, karena setiap kayu menghasilkan jenis suara yang berbeda-beda dan berat yang juga bervariasi. Kayu yang mahal belum tentu menghasilkan suara yang maksimal. Semuanya tergantung kenyamanan pada saat Anda memainkan gitar tersebut. ** (SS)

SHARE