Sesak Napas! Redakan Dengan Makanan Sederhana Ini | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Sesak Napas! Redakan Dengan Makanan Sederhana Ini
Gading Perkasa | Sex & Health

Penyakit sesak napas tak bisa dianggap remeh. Bila dibiarkan begitu saja maka akan mengganggu aktivitas, bahkan dapat mengakibatkan masalah serius bagi kesehatan tubuh Anda.

sesak napas - Male IndonesiaPhoto by Sébastien Marchand on Unsplash

Seperti yang telah diketahui, sesak napas atau sering disebut asma adalah kondisi dimana ada radang pada saluran pernapasan dan sebagian dipicu oleh alergi. Walau begitu, asma bisa dihindari sejak awal, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ini.

Bagaimana caranya? Cukup mengubah asupan makanan yang berpotensi memicu kondisi sesak napas. Setidaknya ada lima jenis makanan, seperti dilansir dari Times of India:

Wortel
Wortel mengandung sumber beta-karoten. Karena itulah, wortel dikenal memberikan perlindungan terhadap asma yang dipicu oleh latihan fisik. Kandungan beta-karoten di dalamnya diubah menjadi vitamin A pada tubuh, sehingga memberikan imunisasi lebih dan Anda terhindar dari serangan asma.

Makanan yang Mengandung Vitamin c
Makanan seperti bayam, buah beri dan sayuran hijau yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Makanya, vitamin C sangat penting dalam mencegah penyakit sesak napas.

Bawang Putih dan Bawang Merah
Hampir sebagian besar orang masih saja menghindari dua makanan ini atas dasar alasan tertentu. Kendati demikian, apabila risiko asma Anda lebih tinggi atau telah menderita asma, Anda harus memasukkan keduanya dalam asupan makanan. Pasalnya, baik bawang merah maupun bawang putih kaya akan tiosulfat, senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi.

Kunyit
Setali tiga uang seperti bawang, kunyit juga dikenal karena sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Keduanya membantu membersihkan kotoran semacam lendir di paru-paru serta mencegah penyumbatan saluran udara. Anda dapat mengambil satu sendok teh kunyit bersama susu hangat, minumlah sekitar dua kali dalam waktu sehari.

Susu
Jangan pernah menolak asupan susu bila Anda ingin terbebas dari penyakit sesak napas. Di samping kaya akan kalsium, susu juga kaya magnesium. Saat asupan magnesium di tubuh tercukupi, maka bisa membantu mengendurkan otot-otot bronkus yang fungsinya menjaga saluran udara tetap halus dan terbuka. Jangan lupakan kandungan vitamin D di dalamnya, yang dikenal ampuh melawan asma. [GP]

SHARE