Mengapa Teman Berkurang Saat Anda Mulai Berkencan? | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Mengapa Teman Berkurang Saat Anda Mulai Berkencan?
Gading Perkasa | Relationships

Ada sebuah fenomena, dimana ketika kita mulai berkencan dengan wanita pujaan, maka teman di sekitar akan hilang secara perlahan-lahan. Dan itu rupanya benar-benar nyata terjadi. Kira-kira apa sebenarnya yang menyebabkan demikian?

mulai berkencan - Male Indonesiapexels.com

Dari sebuah penelitian, disinyalir penyebabnya adalah investasi waktu yang lebih banyak dicurahkan kepada kekasih baru dibandingkan teman. Penelitian dari Institut Antropologi Kognitif dan Evolusioner di Universitas Oxford ini menemukan bahwa pria cenderung kehilangan dua teman dekat mereka saat mulai berkencan.

“Jika Anda memasuki hubungan romantis, harganya yaitu kehilangan dua teman. Mereka yang berkencan, alih-alih memiliki lima ‘rangkaian inti’ khas dalam hubungan, hanya memenuhi empat, dimana salah satunya adalah orang baru,” ujar Robin Dunbar selaku pemimpin penelitian.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships tersebut dirancang untuk menginvestigasi. Bagaimana orang mengorbankan waktunya demi seseorang di atas individu lain. Termasuk melihat seberapa jauh keluarga dan kerabat menderita saat pria mulai berkencan.

Para peneliti menggunakan daftar pertanyaan berbasis internet pada 112 pria terkait hubungan mereka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa minat hubungan romansa baru harus mengimbangi hilangnya dua teman dekat.

“Jika Anda tidak bertemu orang lain, ikatan emosional dengan mereka menurun cepat. Perhatian Anda berfokus pada pasangan sepenuhnya, sehingga tidak memperhatikan orang lain yang sebelumnya akrab dan memperburuk keadaan,” kata Dunbar.

Kuesioner juga memiliki pertanyaan, apakah orang terdekat mereka masuk dalam kategori pasangan romantis ekstra. Secara keseluruhan, 32% responden menyebutkan minat romantis ekstra pada kehidupan mereka, namun tidak kehilangan empat teman. Sebagai gantinya, hadirnya orang ekstra justru mengesampingkan pasangan romantis dari lingkaran teman terdalam mereka.

Dari sebuah studi terpisah, tim Dunbar melihat bagaimana pria dan wanita mempertahankan persahabatan di Facebook. Periset menemukan teman-teman Facebook wanita lebih sering menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Sedangkan pria cenderung mengumpulkan teman sebanyak mungkin, kendati mereka belum pernah mengenalnya.

Menurut Dunbar, pria tampak berbeda dalam kompetisi supaya mampu melihat siapa yang bisa punya teman Facebook terbanyak dan bisa menjadi sarana mencari pasangan. “Salah satu kualitas pria yang terlihat dengan baik di mata pasangan adalah berapa jumlah wanita lain di belakang Anda. Jadi, memiliki banyak teman wanita tampaknya merupakan ide bagus,” tuturnya. [GP]

SHARE