Badan Intelijen Paling Ditakuti di Dunia | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Badan Intelijen Paling Ditakuti di Dunia
Gading Perkasa | Story

Hampir semua negara pasti mempunyai badan intelijen atau agen rahasia. Mereka mengemban berbagai tugas yang boleh dibilang sangat misterius.

Matt Popovich/flickr

Di Indonesia sendiri, ada agen rahasia bernama Badan Intelijen Negara (BIN). Para anggotanya berlatih di sekolah intel khusus yang tersembunyi dari publik. Dan bukan hanya tanah air, negara lain juga memilikinya.

Bahkan tujuh agen rahasia ini jarang gagal menjalankan misinya dan paling ditakuti di dunia. Apa saja?

CIA (Amerika Serikat)
CIA dibentuk pada tahun 1947, dengan jumlah agen diperkirakan mencapai 20.000 orang. Tugas mereka mengumpulkan data dari negara lain yang dapat memengaruhi Amerika Serikat dan terlibat dalam kegiatan rahasia atas permintaan presiden.

Keberhasilan utama CIA yaitu penangkapan Osama Bin Laden dan operasi penggulingan presiden Guatemala. Sayang, di dalamnya juga banyak ditemukan agen ganda yang membelot pada pimpinan mereka sendiri.

ISI (Pakistan)
ISI dibentuk tahun 1948 oleh pemerintah Pakistan guna memperkuat kinerja intelijen militer mereka. Nama agen rahasia ini langsung melambung karena berhasil menyaingi KGB, intelijen Rusia terbaik pada masanya.

Para personel ISI tak pernah sekalipun tertangkap kamera dan mempunyai jumlah anggota sekitar 10.000 orang, tersebar di berbagai negara. ISI juga merupakan badan intelijen negara yang mendapat kucuran dana paling sedikit tapi punya kemampuan sangat baik.

MSS (Cina)
Kementerian Keamanan Negara atau MSS bertugas menjaga urusan intelijen internal dan eksternal Cina. Tugas utamanya melacak dan melenyapkan musuh-musuh Partai Komunis.

Mereka pun bertanggung jawab atas konflik dengan intelijen asing dan menjaga keamanan politik. Penyamarannya sangat lihai, yaitu sebagai pengusaha, pegawai bank serta jurnalis di hampir semua titik di dunia.

Mossad (Israel)
Mossad bertanggung jawab mengumpulkan informasi dari negara lain termasuk operasi rahasia khusus dan melaporkannya kepada Perdana Menteri Israel. Mereka pernah membantu Amerika Serikat dalam misi solidaritas di Polandia, tahun 1980-an.

BND (Jerman)
Bundesnachrichtendienst adalah badan intelijen asing dari pemerintah Jerman di bawah kendali kantor Kanselir. Tugasnya memantau keadaan yang berpotensi mengancam negara dari luar.

Mereka mengandalkan penyadapan dan pengawasan elektronik dari komunikasi internasional dan akan mengevaluasi informasi tersebut. Biasanya, mereka juga mengetahui kasus terorisme internasional, transfer teknologi ilegal sampai perdagangan narkoba.

MI-6 (Inggris)
Negara Ratu Elizabeth juga memiliki agen rahasia yang sangat kuat sekaligus paling tua di dunia karena berdiri sejak tahun 1909. Kantor pusatnya berada di Vauxhall Cross, London.
Agen MI-6 bertugas mengumpulkan informasi dari intelijen asing di seluruh dunia yang dapat membantu kepentingan politik dan ekonomi di Inggris. Mereka juga sering merekrut agen baru di lapangan yang dianggap sanggup memanipulasi lawan.

GRU (Rusia)
Kendati KGB dibubarkan pada tahun 1995, Rusia masih memiliki satu badan intelijen yang paling ditakuti di seluruh dunia, yakni GRU. Kerap berselisih dengan Amerika dan Eropa memaksa Rusia untuk memaksimalkan segala operasi. Sebagian agen GRU diduga punya hubungan khusus dengan jaringan Al-Qaeda. [GP]

SHARE