Lembah Menawan dan Menakjubkan di Tanah Minang | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Lembah Menawan dan Menakjubkan di Tanah Minang
Gading Perkasa | Relax

Sebagai kota di dataran tinggi, Bukittinggi punya satu destinasi dengan keindahan alam menawan, yaitu Ngarai Sianok. Lembah curam yang berada di perbatasan kota ini memiliki kedalaman 100 meter dan lebar sekitar 200 meter.

Rahmatdenas/wikipedia

Ngarai Sianok adalah bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang, atau disebut juga Patahan Semangko. Sepanjang patahan dengan dinding agak curam itu membentuk lembah hijau, hasil gerakan turunnya kulit bumi (sinklinal).

Tahun 2007 lalu, gempa di Sumatera membuat dinding tersebut runtuh, namun tidak serta merta membuat keindahan Ngarai Sianok sirna. Malah, kawasan ini memperoleh penghargaan di ajang Padang Tourism Award 2007 untuk kategori The Best Tourism Object. Penasaran akan pesonanya?

Jauh dari Kebisingan
Bila MALEnials ingin melepas penat, Ngarai Sianok bisa menjadi destinasi liburan yang tepat. Panorama alam yang disuguhkan sayang dilewatkan. Area lembah dikelilingi bukit dan tebing curam dan sungai berkelok mengalir di dasarnya. Anda juga dapat menyaksikan pemandangan Gunung Singgalang dari balik sungai.

Bukan hanya pemandangan alamnya yang penuh pesona, melainkan juga kesejukan udara dengan gemericik air sungai dan kicauan burung menenangkan, jauh dari kebisingan. Ketika sunrise atau sunset, suasana bertambah syahdu dan bikin Anda enggan pulang. Maka tak heran, objek wisata ini senantiasa menginspirasi para pelukis dan fotografer.

Beragam Flora dan Fauna
Karena tempatnya masih sangat alami alias belum banyak dijamah wisatawan, Anda dapat bertemu beragam flora dan fauna langka. Mulai bunga Rafflesia Arnoldi, monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, tapir, babi hutan hingga macan tutul. Sehingga Anda perlu waspada dan menjaga barang-barang bawaan apabila bertemu dengan salah satu dari mereka.

Cocok bagi Penyuka Olahraga
Berlibur ke Ngarai Sianok tidak lengkap kalau Anda tidak melakukan beberapa aktivitas olahraga di sana. Tinggal pilih, ingin mencoba arung jeram, kayak, trekking, bersepeda gunung, atau hanya sekadar berjalan-jalan sembari menyusuri lembah.

Menariknya, ada sebuah kegiatan olahraga air, skimboarding yang menjadi daya tarik sendiri di mata wisatawan. Jenis olahraga ini adalah perpaduan antara skateboard dan surfing. Dengan papan luncur, Anda bisa bermain skimboarding selayaknya berselancar di sekitar sungai.

Gimana, sudah enggak sabar ingin berkunjung ke sana? Kunjungi juga sejumlah spot menarik di sekitar lembah ini ya, seperti Taman Panorama, Janjang Koto Gadang dan Lubang Jepang. Jangan lupa ajak pasangan Anda, agar perjalanan semakin romantis. [GP]

SHARE