Sadis! Motor Dua Alam Garang Pabrikan Garputala - Male Indonesia
Sadis! Motor Dua Alam Garang Pabrikan Garputala
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Beberapa waktu lalu, pabrikan dengan logo garputala, Yamaha, meluncurkan motor bergenre cross country terbaru mereka. Motor ini dinamai YZ 250 X 2018, sebuah pengembangan dari basis motocross YZ 250 yang telah disesuaikan untuk kebutuhan dua alam.

Kehadiran Yamaha YZ 250 X seolah membawa angin segar bagi segmen menengah motor trail yang selama ini dihiasi oleh Honda CRF 250 X. Sementara pabrikan lain seperti Kawasaki telah memutuskan tidak lagi memproduksi KLX 250 karena lesu di pasaran.

Agen pemegang merk (APM) Yamaha di Indonesia memang tercatat tidak ikut serta di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, namun motor-motor “si biru” masih eksis dan dapat ditemukan di booth Dr. No Off Road Industries. Sebuah distributor produk motor trail dari luar negeri. Dua unit motor Yamaha yang dipajang di booth tersebut yaitu YZ 125 Factory Racing dan YZ 250 X Factory Racing. Penasaran akan spesifikasinya MALEnials?

Menilik dari sektor kaki-kaki, YZ 250 X memakai frame model twin spar berbahan aluminium, dimana bobotnya menjadi ringan dan rigid. Frame itu dipadukan dengan suspensi depan upside-down buatan Kayaba yang diciptakan khusus untuk balapan cross country dan bersifat fully adjustable alias bisa disetel sesuai selera pengendara.

Suspensi belakang menggunakan monoshock buatan Kayaba. Pihak Yamaha mengklaim, monoshock ini mampu memberi kenyamanan, kontrol dan traksi mumpuni pada roda belakang. Di bagian roda, YZ 250 X mengandalkan ban offroad Dunlop Geomax AT 81 (21 inci & 18 inci) baik di roda depan maupun belakang. Desain atau tampilannya sendiri tidak mengalami banyak perubahan dari model sebelumnya, kecuali lis atau grafisnya.

Lalu bagaimana dengan dapur pacunya? Yamaha membenamkan mesin 249 cc (66.4 x 72 mm), 2-stroke milik motor balap YZ 250. Sistem pengabutan memakai karburator Keihin PWK 38 S, 5-speed constant mesh. Hanya saja terdapat beberapa penyesuaian, mulai dari besaran kompresi, timing exhaust port dan CDI. Semua bertujuan agar power motor lebih mudah dikendalikan sehingga ideal digunakan di ajang balapan cross country.

Di Amerika, YZ 250 X akan bertarung melawan motor-motor serupa seperti Honda CRF 250 X, KTM 250 XC, Husqvarna TX 250 hingga Gas Gas XC 250. Bagi pasar Indonesia, sebenarnya motor enduro ala Eropa lebih diminati ketimbang cross country khas Negeri Paman Sam.

Oleh sebab itu, layak dinantikan seperti apa kiprah motor dua alam pabrikan garputala ini di tanah air. By the way, kalau Anda ingin YZ 250 X ada di garasi rumah, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam, yaitu sekitar 122 juta rupiah. [GP]

SHARE