Cara Jitu Menjadi Sales untuk Anda yang Introvert - Male Indonesia
Cara Jitu Menjadi Sales untuk Anda yang Introvert
Sopan Sopian | Works

Pekerjaan dalam bidang sales memang menuntut seseorang orang untuk pandai berkomunikasi dengan banyak orang. Karena hal tersebut untuk bisa meyakinkan orang lain untuk membeli produk yang dia tawaran. 

bidang sales - Male Indonesiapixabay.com

Oleh karena itu, mereka yang berkecimpung dalam bidang sales diwajibkan memiliki kepamampuan negosiasi yang mumpuni. Jika dilihat kasat mata, memang pekerjaan ini lebih seperti dikuasi oleh mereka yang ekstrovert. 

Kendati seperti itu, tidak berarti Anda yang memeliki kepribadian introvert tidak bisa membangun karir di bidang sales ini. Jika Anda masih kesulita, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan.

Jadilah Pendengar yang Baik
Setiap orang memiliki kelebihan atau keunggalannya sendiri, begitupun mereka yang introvert. Keunggulan orang introvert dalam ruang kerja umum yaitu mereka cenderung menjadi pendengar yang begitu baik. Meskipun seornag ekstrovert memiliki kualitas ini.

Kelancaran komunikasi seorang salesperson memang diperlukan, namun mengetahui cara mendengarkan dapat menjadi lebih penting ketika Anda harus meyakinkan pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Menurut sebuah laporan dari Wharton School, Roy Bartell mengatakan bahwa salesperson dengan kepribadian ekstrovert jauh lebih banyak berbicara dan melakukan pendekatan sales yang berlebihan. Mereka seringkali lupa mendengarkan dan bertanya lebih banyak untuk memahami kebutuhan pelanggan atau orang yang mereka dekati. 

Salesperson berkepribadian introvert justru sebaliknya. Mereka lebih banyak mendengar pendapat dan keluhan pelanggan sehingga dapat mengetahui apa dan bagaimana meyakinkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.

Meriset Lebih dalam Produk yang Ingin Ditawarkan
Sudah bukan rahasia lagi bila orang introvert terkenal lebih suka berteman dengan sedikit orang, namun mereka mengenal semua teman mereka dengan baik. Kaum introvert cenderung ahli dalam interaksi perorangan dan bukan dalam kelompok besar. 

Ditambah lagi, seorang introvert terbiasa untuk fokus pada satu hal secara mendalam. Kedua kualitas ini bisa jadi amat berguna untuk seorang salesperson. Faktanya, seorang salesperson dapat sukses apabila mereka melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan penjualan produk. 

Mereka mengerti apa dan bagaimana produk mereka dapat bermanfaat untuk pelanggan serta membuat mereka merasa nyaman dan didengar kebutuhannya. Kedua hal ini bisa menjadi celah bagi seorang introvert untuk memaksimalkan penjualan produk mereka.

Memperhatikan Nilai Jangka Panjang
Menguasai sebuah bidang pekerjaan pasti membutuhkan latihan, tak terkecuali bidang penjualan. Latihlah diri Anda berbicara dan fokuslah pada nilai jangka panjang yang dapat ditanamkan untuk pelanggan.

Menurut Chelsey Feldman, seorang introvert memang lebih ahli dalam membangun hubungan mendalam dengan teman mereka yang jumlahnya relatif sedikit. Dalam sales pun sebenarnya calon pelanggan ingin mengetahui nilai jangka panjang apa yang dapat diberikan produk atau jasa suatu perusahaan untuk mereka.

Biasanya, hal itu jarang dijelaskan oleh seorang salesperson berkepribadian ekstrovert. Untuk itu, manfaatkan kemampuan alami Anda sebagai seorang introvert dalam dua hal tersebut dan jadilah seorang salesperson yang berhasil. ** (SS)

SHARE