Fakta Menakutkan Di Balik Kotornya Keyboard Anda - Male Indonesia
Fakta Menakutkan Di Balik Kotornya Keyboard Anda
Sopan Sopian | Digital Life

Jangan sepelekan keyboard laptop yang kurang bersih. Karena bisa jadi lebih kotor dari toilet yang Anda miliki di rumah. Karena keyboard laptop yang kotor menurut penelitinian di Australia memiliki bakteri 400 lebih banyak dibandingkan toilet.

keyboard laptop - Male IndonesiaPublic Domain Pictures

Bahkan salah satu rumah sakit di Chicago menemukan bahwa keyboard laptop menahan strain Staphylococcus yang resistan terhadap obat-obatan seperti MRSA hingga 24 jam.

Rumah sakit lain di Belanda  mempelajari 100 dari keyboard dan menemukan bahwa 95 dinyatakan positif  Streptococcus, Staphylococcus, dan patogen lainnya, yang menjadikan permukaan paling kotor di unit perawatan intensif.

Banyaknya bakteri di keyboard laptop tidak terlepas dari seberapa banyak menggunakan laptop itu sendiri. Bisa saja setelah berada di luar ruangan dan buang air kemudian langsung mengetik untuk sebuah pekerjaan atau hal lainya seperti berselencar di internet. 

Selain itu, bisa jadi ketika bermain dengan laptop sambil santai dengan menikmati cemilan yang memiliki zat-zat lengket yang akhirnya menambah bakteri lebih banyak di keyboard laptop yang digunakan. 

Bahkan, mereka yang menggunakan laptop atau komputer di tempat kerja tentu tidak terlepas dari berbicara, bersin dan batuk menjadi penyebaran bakteri yang jatuh di atas keyboard laptop. Lalu bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang baik untuk hal ini?

Waktu untuk Bersihkan Keyboard
Menurut laman sciencealert, sebagian besar ahli mikrobiologi setuju bahwa setiap orang harus  benar-benar membersihkan meja dan keyboard mereka setidaknya sekali seminggu.

Dokter dan perawat di Pusat Penelitian Kesehatan Nasional (NCHR) menyarankan bahwa keyboard rumah sakit harus didesinfeksi jauh lebih sering, meskipun setidaknya sekali per hari. NCHR  juga menyarankan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan komputer bersama, terutama selama musim flu.

Jika Anda adalah satu-satunya yang menggunakan komputer Anda dan Anda tidak menyentuh banyak orang sepanjang hari, sebagian besar bakteri di keyboard Anda berasal dari tangan dan ujung jari Anda sendiri, jadi mungkin tidak membahayakan Anda. Namun, sering-seringlah mencuci tangan untuk menjaga kebersihan ruang meja Anda lebih lama.

Cara Membersihkan Keyboard
Membersihkan dan mendisinfeksi keyboard laptop adalah proses yang sederhana, dan itu berhasil.

Pertama, matikan komputer atau laptop sebelum Anda memulai desinfeksi. Kemudian singkirkan remah atau pasir yang menempel di keyboard dengan udara bertekanan sebelum ke lankah berikutnya.

Ahli kebersihan Melissa Maker merekomendasikan penggunaan larutan air dan alkohol gosok, dan menerapkannya menggunakan kain mikrofiber. Anda juga dapat menggunakan q-tip yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk memberihkan sela-sela tombol keyboard.

Saat Anda melakukannya, pertimbangkan juga untuk membersihkan ponsel Anda. Karena smartphone juga bisa menjadi penyumbang E. coli dan Streptococcus bug, karena ponsel tentunya menjadi benda yang selalu dibawa ke mana-mana.

Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi dan ahli patologi di Sekolah Kedokteran Universitas New York menyarankan agar ponsel Anda dibersihkan dengan baik setiap hari. ** (SS)

SHARE