Mengintip Salah Satu Karya Legendaris Ferrari - Male Indonesia
Mengintip Salah Satu Karya Legendaris Ferrari
MALE ID | Sport & Hobby

Ferrari 625 Targa Florio (TF) adalah jenis mobil klasik Ferrari satu-satunya yang masih "hidup" di dunia. Sebenarnya, Ferrari memproduksi tiga unit jenis mobil ini pada tahun 1953. Namun, yang berhasil diselamatkan hanya Ferrari 625 Targa Florio.

FOTO: Francois de Dijon/wikipedia

Bagi pecinta otomotif tentu tahu bahwa Ferrari merupakan produsen yang memproduksi mobil dengan mesin 8 hingga 12 silinder. Tetapi berbeda dengan jenis Ferrari 625 Targa Florio ini. Mobil ini hanya memiliki empat silinder.

Lalu apa keistimewaannya? Seperti mengutip laman Carscopps, pada awalnya mobil yang dirancang oleh Aurelio Lampredi ini, diperuntukkan untuk Formula 2. Mobil ini terinspirasi dari Alberto Ascari, yang merupakan legendaris untuk dua kejuaraan back-to-back.

Mobil istimewa Ferrari 625 Targa Florio yang dibekali mesin 2.5 liter DOHC segaris 4 silinder ini, memiliki desain sasis mobil sport, mesin kompak, jok dua penumpang dan sepasang lampu depan bulat. Yang menjadikannya terlihat unik adalah adalah bodywork-nya.

Vignale awal membangun mobil Ferrari 625 Targa Florio ini sebagai coupe aerodinamis. Namun,  rupanya Enzo Ferrari tidak terlalu puas dengan hasilnya, dan membangun mobil itu kembali sebagai roadster. Scaglietti kemudian mengubahnya dengan memodifikasi bodywork lagi dan pas dengan grille yang lebih kecil.

The Last Of Its Kind
Mobil terakhir pada jenisnya ini terakhir dipakai pada Grand Prix dell'Autodromo di Monza dan Coppa d'Oro delle Dolomiti. Pebalap ternama Mike Hawthorn dan Umberto Maglioli disebut pernah menggunakan mobil ini, meskipun tanpa kemenangan besar atas namanya.

Mike Hawthorn sendiri merupakan pembalap Inggris. Dia menjadi pembalap Formula Satu Dunia pertama Britania Raya pada tahun 1958. Hawthorn juga sebagai pemenang balap mobil 24 Hours of Le Mans (1955). Hawthorn meninggal dalam kecelakaan setelah enam bulan pensiun. Dia menderita penyakit mematikan saat itu.

Sedangkan Umberto Maglioli sendiri adalah pembalap dari Italia. Dia berpartisipasi dalam 10 Formula One World Championship Grand Prix, memulai debutnya pada 13 September 1953. Selain itu, Maglioli juga merupakan pemenang Carrera Panamericana 1954. 

Setelah pensiun, mobil tersebut pernah dimiliki oleh orang Italia dan Amerka Selatan dan telah mendapatkan perbaikan dan pemulihan. Pada 1960-an, mobil ini ditukar untuk Ferrari 250GT.

Kemudian, mobil klasik ini pernah ditemukan di tempat mobil rongsokan pada tahun 1974 di Naples sebelum menjalani pemulihan lengkap di Modena. Memasuki tahun 1984, 1986, 1989, dan 1990 mobil ini bersaing di Mikle Miglia. 

Setelah itu mobil ini berpindah ke pemiliknya saat ini pada tahun 2002. Sejak saat itu telah banyak dipugar oleh Carrozzeria Nova Rinascente di Vigonza dekat Padua, dan telah berlomba di Grand Prix Sejarah Monako, Mille Miglia, Le Mitiche Sport a Bassano dan Tour Auto. ** (SS)

SHARE