Uji Kesabaran, Easter egg Paling Lama Ditemukan - Male Indonesia
Uji Kesabaran, Easter egg Paling Lama Ditemukan
MALE ID | Digital Life

Easter egg adalah sebutan bagi sesuatu yang diselipkan oleh developer game. Isinya kebanyakan pesan-pesan tersembunyi, entah berupa karakter dari game lain atau kode bagi sebuah game di masa depan.

easter egg - male Indonesiapexels.com

Umumnya, easter egg sulit ditemukan. Bahkan terkadang butuh waktu sangat lama sampai para gamer menemukannya. Ada yang dicari dalam waktu bertahun-tahun. Heran MALEnials? Inilah lima easter egg paling lama ditemukan di video game. Let’s go!

Monolog Rahasia (Batman Arkham City)
Di tahun 2011, developer sebuah game kenamaan, Rocksteady Studios memasukkan pesan rahasia di dalam Batman Arkham City. Isinya mengungkapkan petunjuk seputar sekuelnya, Batman Arkham Knight. Pesan itu tetap menjadi rahasia selama tiga tahun, sebelum Rocksteady merilis cara membukanya di Youtube pada 2014. Dimana karakter bernama Calendar Man muncul dan menunjukkan monolog mengenai sekuel terbaru game Batman.

Ucapan Selamat Ulang Tahun (Halo 3)
Kendati Halo 3 dirilis di tahun 2007, sebuah pesan khusus dari sang developer, Adrian Perez untuk istrinya tidak diketahui sampai tujuh tahun kemudian, tepatnya di tahun 2014. Salah seorang modder Halo 3, Lord Zedd menemukan pesan rahasia itu usai seorang insinyur game Halo 3 menyebutkan bahwa masih ada easter egg lagi di dalamnya. Ternyata, pesan tersembunyi yang dimaksud adalah ucapan selamat ulang tahun bertuliskan “Happy birthday, Lauren”.

Ruangan Chris Houlihan (The Legend of Zelda)
Pada tahun 1990, Nintendo Power menyelenggarakan sebuah kontes dimana pemenangnya akan muncul di game terbaru SNES. Pria bernama Chris Houlihan berhasil memenangkan kontes dan namanya tercantum dalam satu ruangan di game The Legend of Zelda: A Link to the Past. Ruangan Chris Houlihan tetap tersembunyi selama 12 tahun, sampai ditemukan gamer di tahun 2002.

10 Mini Game (GoldenEye 007)
GoldenEye 007 dianggap sebagai salah satu game FPS terbaik sepanjang masa. Walau banyak rahasia dari game ini telah terungkap di tahun 1997, seorang insinyur komputer dengan nama ‘spoondiddly’ menemukan easter egg cukup mencengangkan 15 tahun kemudian. Terkubur jauh di dalam kode permainan, terdapat emulator berfungsi penuh disertai 10 mini game yang bisa dimainkan untuk sistem ZX Spectrum. Di antaranya Lunar Jetman, Gunfright dan Knight Lore.

Initial Programmer (Donkey Kong)
Atari menyewa seorang programmer dan desainer video game, Landon Dyer guna melakukan porting Donkey Kong dari arcade ke Atari 400/800 di tahun 1983. Paska menulis lebih dari 25.000 baris kode game, Dyer ternyata menyembunyikan inisial namanya, ‘LMD’. Easter egg ini tidak ditemukan sampai akhirnya seorang insinyur komputer bernama Don Hodges mengetahui cara membukanya 29 tahun kemudian, tepatnya pada 2009 silam. [GP]

SHARE