Menaruh Laptop di Paha, Hentikan Sekarang! - Male Indonesia
Menaruh Laptop di Paha, Hentikan Sekarang!
MALE ID | Sex & Health

Tingkat kesuburan pria dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Entah karena keturunan, faktor lingkungan hingga kebiasaan sehari-hari.

tingkat kesuburan - male Indonesiapexels.com

Salah satu penyebab yang mengganggu tingkat kesuburan pria atau juga disebut infertilitas adalah kebiasaan menaruh laptop di paha. Panas dari laptop teralirkan seluruhnya ke area reproduksi.

Hal ini acapkali luput dari perhatian, karena sudah menjadi kebiasaan bagi para pekerja kantoran yang sering berkutat dengan laptop. Wilayah testikel tempat diproduksinya sperma, yang terletak di sekitar skrotum secara langsung terkena panas. Pasalnya, posisi dan bentuk skrotum mencuat keluar.

Tentu sangat berbeda bila dibandingkan alat reproduksi wanita yang berupa sel telur, dimana posisinya terlindungi karena ovarium berada jauh di dalam. Tingkat kesuburan wanita tidak akan terpengaruh meski dialiri hawa panas dari laptop yang ditaruh di paha.

Seperti dilansir dari Meetdoctor, skrotum tempat pria memproduksi sel-sel sperma sangat sensitif terhadap panas dalam bentuk apa pun, termasuk panas mesin laptop. Ketika dipangku, suhunya mengalami kenaikan bagaikan udara atau air panas, sehingga spema pria terancam menurun kualitasnya.

Perlu diketahui, jika Anda memangku laptop selama satu jam, suhu di paha sudah meningkat sebesar 2,7 derajat Celsius. Padahal, skrotum pria harus selalu berada dalam suhu normal. Kenaikan suhu sebesar satu derajat Celsius saja sudah berpotensi menyebabkan gangguan kesuburan pada pria.

Apabila Anda ingin tingkat kesuburan tidak terganggu, maka jagalah suhu di sekitar skrotum dan testikel. Bukan cuma terbatas pada kondisi laptop yang panas, melainkan juga memperhatikan posisi kaki, apakah kaki kanan dan kiri terlalu rapat demi mempertahankan laptop terpangku sempurna.

Kondisi kaki yang dirapatkan terus-menerus juga berbahaya memengaruhi tingkat kesuburan. Sebab, ketika laptop berpadu dengan posisi paha merapat maka akan menggandakan panas di area selangkangan.

Sampai detik ini, penelitian memang masih dilakukan oleh para ahli terkait efek langsung panas laptop yang ditaruh di paha bagi kesuburan pria. Walau begitu, sudah ada studi yang memaparkan bahwa konsentrasi sperma mengalami penurunan drastis, yaitu sekitar 40% usai suhunya meningkat sebesar satu derajat Celsius.

Lalu bagaimana caranya agar Anda tetap bisa bekerja sekaligus menjaga kualitas sperma? Pakailah meja atau bidang sanggahan lain, sehingga panas laptop tak mengalir ke tubuh Anda. [GP]

SHARE